Pengaruh PDRB, Pendidikan dan Tenaga Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan Provinsi Sulawesi Selatan

  • Muhammad Alkamah Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Bahar Sinring Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Dahlia Baharuddin Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: PDRB, Pendidikan, Tenaga Kerja, Tingkat Kemiskinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh PDRB, Tingkat Pendidikan Dan Tenaga Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan. Hipotesis penelitian menggunakan basis teori/konsep, didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mempunyai kesamaan variabel. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis data yang digunakan adalah data Sekunder. Menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi data panel berbantuan SPSS for Statistic 25 untuk analisis data. Hasil penelitian menemukan bahwa PDRB berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan, bahwa Tingkat Pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kemiskinan. bahwa Tenaga Kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kemiskinan.

References

Azizah, E. W., Sudarti, S., & Kusuma, H. 2018. Pengaruh Pendidikan, Pendapatan Perkapita Dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 2(1), 167-180.
Badan Pusat Statistik. 2020. Sulawesi Selatan Dalam Angka 2020.
Kasim, Muslim. (2006). Krakteristik Kemiskinan dan Penanggulangannya (Studi Kasus di Kabupaten Padang Mariaman. Jakarta: Indomedia.
Manangkalangi, L. K., Masinambow, V. A., & Tumilaar, R. L. (2020). Analisis Pengaruh Pdrb Dan Inflasi Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Sulawesi Tengah (2000-2018). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03).
Prasetyawan, D. T., Hanim, A., & Yuliati, L. 2017. Analisis Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Hubungannya Terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekuilibrium, 1(1), 45-50.
Randy R. W., Riant, N. 2006. Manajemen Pembangunan Indonesia (sebuah pengantar dan panduan). Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Setiawan, H. 2014., Analisis Pengaruh Upah Minimum Provinsi, Tenaga Kerja, Dan Infratruktur Terhadap penanaman Modal Asing Di Provinsi DKI Jakarta, Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Setiawati, I. 2017. Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Pendidikan Dan Tenaga Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Pinrang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Soebagiyo, D. 2016. Perekonomian Indonesia. Sukoharjo: CV. Jasmine.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryono, A. 2010. Dimensi-dimensi Prima teori pembangunan. Universitas Brawijaya Press.
Todaro, P. M. 2011. “Pembangunan Ekonomi”. Jakarta: Erlangga.
Published
2021-07-15
How to Cite
Alkamah, M., Sinring, B., & Baharuddin, D. (2021). Pengaruh PDRB, Pendidikan dan Tenaga Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan Provinsi Sulawesi Selatan. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 552 - 561. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/854
Section
Articles