Dilema Pelaksanaan Pembelajaran Online (Daring) Dalam Masa Pandemi di UPT SMAN 18 Makassar Tahun Pelajaran 2020-2021

  • Fitrawati Fitrawati SMAN Negeri 18 Makassar
Keywords: Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran online (daring) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Makassar tahun pelajaran 2020- 2021.Pandemic covid-19 menyebabkan dilakukan Tindakan pencengahan dengan meliburkan sekolah terutama yang berada di zona merah penyebarab covid-19 Makassar salah satu zona merah yang mengharuskan sekolah dar I KB sampai dengan perguruan tinggi meliburkan peserta didiknya. Hal ini mengakibatkan terlambatnya proses pembelajaran. Guru-guru biasanya mengajar di dalam kelas menjadi kebingunan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan guru adalah dengan memberikan tugas kepada peserta didik melalui via whatssap. Namun usaha tersebut kurang memotivasi peserta didik dalam pembelajaran Ekonomi dengan Metode Daring menggunakan Google Classroom pada peserta didik kelas XI UPT SMAN 18 Makassar Tahun Pelajaran 2020-2021. Pada kelas XI IPS yang mengikuti Daring di via Google Classroom tidak semuanya Sebagian saja kadang yang mengikuti (hadir) tidak sampai 100%. kadang yang aktif Cuma 78%. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 Februari 2021 sampai 30 April 2021. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas lewat daring. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar Kousioner pelaksanaan Kelas Online atau kelas Daring. Berdasrkan analisis data di peroleh jumlah siswa yang mmeliki motivasi belajar Online sebanyak 98 orang. Dan selebihnya hanya memiliki motivasi sedang untuk memepelajaran daring mata pelajaran ekonomi, sedangkan jumlah peserta didik di kelas XI sebanyak 200 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara online (daring) bersama dengan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan pembelajaran online lewat Google Classroom, baik teknik evaluasi maupun ulangan PHT dengan 0nline, secara zoom atau teams Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran secara online tidak dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada kelas XI IPS SMA Negeri 18 Makassar Tahun Pelajaran 2020- 2021. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online kurang dalam hal ini mengalami kendala masalah jaringan dan kouta dibandingkan dengan keaktifan dan ketuntasan hasil belajar siswa sebelum pandemi. Hal tersebut disebabkan peserta didik memberi respon yang kurang positif terhadap pembelajaran online (daring).

References

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i3.2642
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Universitas Pgri Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.669
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Penerapan Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral Pada Pembelajaran Jarak Jauh Dan Tatap Muka Dalam Mengembangkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 2(2), 81–89. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V2i2.659
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jtp - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V22i1.15286
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759
Sofanudin, A. (2020). Dilema New Normal Bidang Pendidikan. 2507(February), 1–9.
Susanto, E. (2013). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Ekonomi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Pada Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 1 Rawajitu Selatan Lampung. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Triyastuti, T. F. (2010). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi/Akuntansi Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Kelas Xi Ips 5 Sma Negeri 2 Surakarta Tahun …. 2, 1890–1902. Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/Detail/13922/Upaya-Peningkatan-Hasil-Belajar-Ekonomiakuntansi-Dengan-Pembelajaran-Kooperatif-Tipe-Tps-Think-Pair-Share-Pada-Kelas-Xi-Ips-5-Sma-Negeri-2-Surakarta-Tahun-Pelajaran-20092010-Penelitian-Tindakan-Kelas
Wijayanto, A. (2021). Kolaborasi Multidisiplin Ilmu Dalam Menghadapi Tantangan Di Era New Normal.
Published
2021-03-27
How to Cite
Fitrawati, F. (2021). Dilema Pelaksanaan Pembelajaran Online (Daring) Dalam Masa Pandemi di UPT SMAN 18 Makassar Tahun Pelajaran 2020-2021. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 525 - 532. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/827
Section
Articles