Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen

  • Muhammad Ybnu TAUFAN Universitas Tomakaka

Abstract

Studi ini bertujuan unutk menganalisis dan mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen. Studi ini dilakukan pada Toko Buana Bangunan Kabupaten Mamuju. Populasi penelitian pada Konsumen Toko Buana Bangunan Kabupaten Mamuju dalam setiap minggunya dapat mencapai rata-rata 100 orang. Hipotesis yang diajukan, digunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 24. Teknik analisis digunakan sesuai dengan model regresi berganda dimana nilai dari variabel dependen dapat diperoleh dari hasil survey yang perhitungannya menggunakan skala likert. Hasil Penelitian terbukti bahwa Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada toko buana bangunan kabupaten mamuju, dengan hasil yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung (7,183) lebih besar dari Ftabel (3,195). Variabel Kualitas Produk yang paling dominan mempengaruhi minat beli konsumen pada toko buana bangunan dengan nilai 3,389 yang dimana nilai Variabel Kualitas Produk lebih tinggi dari 2 variabel lainnya yaitu Kualitas pelayana dengan nilai 3,215 dan harga denga nilai 3,228. Dari segi Kualitas Pelayanan harus lebih di tingkatkan agar konsumen atau pelanggan merasa nyaman dalam melakukan pembelian, Kualitas Produk agar lebih memperhatikan produk atau barang – barang yang ditawarkan dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan Harga agar sebanding dengan kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen pada Toko Buana Bangunan Kabupaten Mamuju

References

Arifin, E., & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap minat beli konsumen ban Achilles di Jakarta Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 153082.
Arsyanti, N. M., & Astuti, S. R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 291–301.
Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.
Bachriansyah, R. A., & Ferdinand, A. T. (2011). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). Universitas Diponegoro.
Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang.
Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59–69.
Gojali, T. (2019). STRATEGI BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 POLITEKNIK TMKM KARAWANG. Media Mahardhika, 17(2), 372–382.
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Purnomo, E. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama). Universitas Pasir Pengaraian.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59–70.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45–53.
Sugiyono, M. (2013). Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulistyari, I. N., & YOESTINI, Y. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame (studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Windusara, D. B. N., & Kusuma, A. A. G. A. A. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. E-Jurnal Manajemen, 4(12).
Published
2021-06-13
How to Cite
TAUFAN, M. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 508-516. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/820
Section
Articles