Strategi Bauran Promosi Pada Lembaga Penyiaran Publik LPP TVRI Dalam Mendapatkan Jejaring Mitra

  • Muhammad Ybnu TAUFAN Universitas Tomakaka

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui kontribusi bauran promosi serta penerapan strategi bauran promosi. Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Penyiaran Publik LPP TVRI Stasiun Sulawesi Barat dalam mendapatkan jejaring mitra di Kabupaten Mamuju. Analisis data dalam penelitian ini kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu pada saat wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilaksanakan oleh pihak Lembaga Penyiaran Publik LPP TVRI Stasiun Sulawesi Barat guna mempertahankan esksistensinya sebagai LPP, antara lain ; informasi program siaran baik pada asepk teknis maupun konten khususnya menyajikan program hiburan untuk menarget audiens kalangan remaja maupun dewasa, independensi Stasiun Sulawesi Barat sebagai upaya untuk menjaga norma dan prinsip dalam rangka memberikan keseimbangan informasi, pendidikan, kebudayaan, dan hiburan yang sehat pada masyarakat, pelibatan partisipasi publik dengan membentuk komunitas dan pemberian ruang audiens berinteraksi dalam suatu program. Secara internal Lembaga Penyiaran Publik LPP TVRI Stasiun Sulawesi Barat memiliki regulasi terkait dengan penerapan sistem promosi yang dilakukan, salah satunya aspek sumber daya manusia yang profesional melalui proses rekrutmen dan pemberdayaan sumber daya manusia, mengoptimalkan pendayagunaan infrastruktur teknologi penyiaran dan secara eksternal yang menjadi peluang Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Sulawesi Barat adalah regulasi pemerintah yang mendukung terlaksananya penyiaran public

References

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.
Gojali, T. (2019). Strategi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 Politeknik Tmkm Karawang. Media Mahardhika, 17(2), 372–382.
Kaluku, F., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2018). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2).
Khasanah, I., & Pamujo, N. Y. (2011). Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise. Jurnal Ilmiah Aset, 13(2), 155–163.
Kotler, P. (1972). A generic concept of marketing. Journal of Marketing, 36(2), 46–54.
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Rahadian, D., & Pratomo, A. (2013). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Kamar di Hotel Benua Bandung. Binus Business Review, 4(2), 776–790.
Rahim, R. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung ke Daya Tarik Wisata Ladaya Kutai Kartanegara. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(4), 272–279.
Rivai, M. (2020). Strategi Bauran Promosi terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada PT Bank X Cabang Medan Imam Bonjol.
Salam, K. N., & Chandra, R. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Pt. Ciputra Fajar Mitra Di Makassar. Jema Adpertisi Journal, 1(1).
Sandy, F. (2014). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian (survei pada mahasiswa jurusan bisnis angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu administrasi pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2).
Sangadji, S. S. (2021). Book Chapter Manajemen Pemasaran.
Sugiyono, M. (2013). Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.
Syarif, S. (2019). Strategi Bauran Promosi Terhadap Penjualan Produk Suretyship Perum Jamkrindo Cabang Palu. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 2(2), 133–139.
Windusara, D. B. N., & Kusuma, A. A. G. A. A. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. E-Jurnal Manajemen, 4(12).
Yunita, L. D., & Handayani, T. (2018). Strategi Bauran Promosi Penyelenggaraan Event (Studi Kasus Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Pasar Murah). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 14–24.
Published
2021-06-15
How to Cite
TAUFAN, M. (2021). Strategi Bauran Promosi Pada Lembaga Penyiaran Publik LPP TVRI Dalam Mendapatkan Jejaring Mitra. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 517-524. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/819
Section
Articles