Pengaruh Kualitas Layanan Produk Tabungan Britama terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero) unit Mangasa Somba Opu Makassar

  • Sri Widyastuti Usman Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Salim Basalamah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Tangible, Responsivitas, Assurance, Realibilitas, Empati, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Produk Tabungan Britama Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Mangasa Somba Opu Makassar. Penelitian ini menggunakan data Kuesioner yang bersumber dari Nasabah Bank BRI Cabang Somba Opu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda dengan menggunakan Kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah bank BRI cabang Somba Opu dan yang menjadi Sampel dalam penelitian ini adalah Nasabah Bank BRI cabang Pengaruh Kualitas Layanan Produk Tabungan Britama Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Mangasa Somba Opu Makassar yang dipilih melalui metode Sampling insidental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji parsial Tangible dan Empaty berpengaruh Positif dan signifikan terhadap kepuasan Nasabah sedangkan Responsivitas, Assurance dan Realibilitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, Sedangkan hasil dari uji simultan Tangible, Responsivitas, Assurance, Realibilitas dan Empati secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Nasabah.

References

Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2020). Attributes and Characteristics of Ad Spots; An Analysis of Motivation and Brand Loyalty. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 7(2), 91-101.
Bambang Riyanto, 2014, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta,
Basu Swastha dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty
Colluin dan porras (2011) “Buit to Last” Penelitian dari Stanford mengidentifikasikan dua perusahaan dari masing-masing ke 18 industri.
Enjel Yevianti (2010) ”Analisis Kualitas Layanan dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bulukumba”.
Fandy, Tjiptono dan Chandra, 2016, Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Fandy, Tjiptono, 2016, Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, 2016, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta : Penerbit Andi.
Freddy Rangkuti, 2015, Riset Pemasaran. Cetakan Kelima, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.https://www.wartaekonomi.co.id/
Imran, Ridwan (2009). Rumusan dan data dalam analisis statistik, cetakan kesatu. Bandung : Alfabet.
Jamaluddin (2010) “Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Panakkukang”.
Kadir (2011)“Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia kodya Bandung.
Kasmir, 2015, Dasar-dasar Perbankan,Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo persada.
Kasmir, 2015, Pemasaran Bank, Prenada Media, Jakarta.
Kotler, Keller, 2015, Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, Penerbit : PT. Prenhalindo, Jakarta.
Kotler, Philip & Gery Armstrong, 2016, Alih Bahasa; Alexander Sindoro, Penyunting; Benyamin Molan, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Jilid dua, Prenhalindo, Jakarta.
Kotler, Philip 2015, Alih Bahasa: Benyamin Molan; Penyunting: Bambang Sarwiji, SE;Manajemen Pemasaran, edisi 12 Jilid 2; PT.INDEKS, Jakarta.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keenam, Bandung : Penerbit CV. Alfabeta.
Umar, Husein, 2015, Metode Penelitian Untuk Skipsi dan Tesis Bisnis, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Walizer, Michael H. dan Paul L. Wiener, 1993, Metode dan Analisis Penelitian: Mencari Hubungan, Terjemahan, Erlangga, Jakarta.
Yusuf 2010 “Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI Cabang Jayapura”.
Published
2021-04-30
How to Cite
Usman, S. W., Basalamah, S., & Serang, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Produk Tabungan Britama terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero) unit Mangasa Somba Opu Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 494 - 507. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/807
Section
Articles