STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN HOTEL DENGAN ANALISIS SWOT

  • Muhammad Hidayat STIE NOBEL INDONESIA, MAKASSAR
  • Fitriani Latief STIE NOBEL INDONESIA, MAKASSAR
Keywords: SWOT Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyerap dana dengan menggunakan SWOT Di Hotel Arya Duta Makassar. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan, dari bulan Desember hingga Januari 2018. Dengan menggunakan data primer dan data sekunder, data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 19 responden. Data diolah menggunakan analisis SWOT dengan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hotel Arya Duta Makassar memiliki bobot nilai yang baik dengan lingkungan eksternalnya yaitu pada posisi Peluang dan Kekuatan., Penilaian dapat disandakan bahwa posisi persaingan Arya Duta Makassar sesuai dengan diagram SWOT berada pada kuadran 1 (satu) yaitu SO, aryaduta harus memilih strategi agresif untuk persaingan bisnis yang dihadapinya.

References

Alma, B. (2011). MANAJEMEN dan PEMASARAN JASA. Bandung: Alfabata

Bagyono. (2012). Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta.

Chandra, Gregorius (2000). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta : ANDI

David, Fred R. 2010. Manajemen Strategis Konsep. Diterjemahkan oleh Dono

David, Fred R.2006. Manajemen Strategis Konsep. Diterjemahkan oleh Ichsan Setiyo Budi. Edisi 10 Buku 1.Jakarta : SalembaEmpat

Gitosudarmo, Indriyo. 2001. Manajemen strategi. Yogyakarta: BPFE. YOGYAKARTA.

Gerry Johnson dan Kevan Scholes. EXPLORINGCORPORATE STRATEGY.1993, Triton (2007)

Kotlerdan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Edisike 13.Jakarta :Erlangga.

Kotler, P dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Jauch, Lawrence R. dan William F. Glueck, (1998), “Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan”, Edisi ketiga, Erlangga, Jakarta.

Mappatompo, A. (2010), Manajemen Pemasaran Produk & Jasa, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Purwanto, Iwan. 2008. Manajemen Strategi. Bandung: CV. Yrama Widya

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT :Teknik Membedah Kasus Bisnis - Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.Rangkuti, F. 2006.

Rangkuti, Freddy. 2006. ANALISIS SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rukmana, Muh.Indra.2011. Penerapan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT yang terdiri dari Keunggulan, Kelemahan, Ancaman, Peluang yang Diterapkan oleh PT.BNI (persero) Tbk Cabang Makassar. Skripsi. Makassar :Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Sandiawan. 2016. Penentuan Strategi Pada Jaxs Barbershop Dalam Menghadapi Persaingan Di Kota Makassar. Skripsi STIE Nobel Indonesia Makassar.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi, cetakan pertama, Penerbit : Refika Aditama, Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published
2018-11-22
How to Cite
Hidayat, M., & Latief, F. (2018). STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN HOTEL DENGAN ANALISIS SWOT. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 15 - 27. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/80
Section
Articles