Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Dessert pada By.Uwibama di Kota Makassar

  • Hadijah Syamsul Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Basri Modding Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ratna Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan dessert pada By.Uwibama Di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan data Kuesioner yang bersumber dari Konsumen By.Uwibama. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen By.Uwibama dan pengambilan sampel menggunakan metode Indidental Sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 96 orang. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari s.d Februari 2021. Data dianalisis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, promosi berdasarkan keputusan pembelian terhadap kepuasan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk terhadap kepuasan melalui variabel intervening keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai sig. < 0,05 yang diperoleh berdasarkan uji Sobel Test.

References

Achidah, N., & Hasiolan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio Gt Di Weleri-Kendal) 1). 2(2).
Amrullah, Siburian, P. S., & Za, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Amrullah, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia Za Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia. Journal Net. Library And Information, 13(2), 99–118.
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tujuan Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Menentukan Pilihan . Di Sedemikian Ketatnya Ini . Berdasarkan Data Penjualan Maxim Housewares Di Grand City Mall Surabaya Dalam Satu Tah. 4.
Aprianto, R. (2016). Engaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Bnj Elektronik Kota Lubuklinggau. Jagadhita : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 02(01), 41–63.
Basalamah, J., Syahnur, M. H., Ashoer, M., & Bahari, A. F. (2020). Consumer Behavior in Online Transportation Services: A Systematic review of Business Strategies. Ilomata International Journal of Management, 1(3), 134-144.
Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V5i1.385
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat Jne Medan. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 18(1), 61–72.
Haryanto, R. A. (2019). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado. Jbe Jurnal Bingkai Ekonomi, 1(4), 1465–1473.
Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin Pt. Sido Muncul Budi Hermawan Program Studi Manajemen, Institut Bisnis Dan Informatika Indonesia (Ibii). Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 2, 9–17.
Heryanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 9(2), 80–101.
Hidayat, R. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan , Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education).
Kodu, S. (2012). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 1(3), 1251–1259.
Kurriwati, N. (2002a). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 2, 48–55.
Kurriwati, N. (2002b). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Nirma. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 2, 48–55.
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jesi (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 16(02), 1–11.
Saidani, B. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 4(2), 201–217.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 3(1), 1–22.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Sosro Medan. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 16(02), 108–122.
Sembiring, I. J. (2014). Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Pelanggan Mcdonald ’ S Mt . Haryono Malang ). 15(1), 1–10.
Supriyadi, Wiyani, W., & K.N, G. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse Di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 74–85.
Wijaya, C. V. (2017). Engaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Jagadhita : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 5(1).
Yazia, V. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang) Vivil Yazia. Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 2(2).
Published
2021-04-20
How to Cite
Syamsul, H., Modding, B., & Dewi, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Dessert pada By.Uwibama di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 450 - 475. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/794
Section
Articles