Pengaruh Bauran Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah (Studi Kasus Pada Travel Haji Dan Umrah PT. Al-Ikhlas Nur Safari)

  • Wildan Lutfi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Hasanuddin Damis Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Promosi, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Promosi Media sosial terhadap Keputusan Pembelian paket Umroh PT Al Ikhlas Nur Safari Tour &Travell Haji dan Umrah Makassar. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 68 responden. Pengumpulan data melalui angket. Data dianalisis dengan pendekatan Cross Sectional, meliputi pengujian Outer Model dan Inner Model dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa Bauran Promosi Media Sosial Instagram tidak ada pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu Bauran Promosi Media Sosial Facebook tidak ada pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Bauran Promosi Media Sosial Whatsapp ada pengaruh terhadap Keputusan Pembelian PT Al Ikhlas Nur Safari hendaknya lebih meningkatkan Bauran Promosi di Kota Makassar agar menunjang peningkatan keputusan pembelian paket umrah. Bagi penelitian lanjutan yang ingin melakukan pengkaijan lanjutan berhubungan dengan tema penelitian ini agar dapat meningkatkan jumlah sampel serta menambah variabel lain.

References

Basalamah, J., Syahnur, M. H., Ashoer, M., & Bahari, A. F. (2020). Consumer Behavior in Online Transportation Services: A Systematic review of Business Strategies. Ilomata International Journal of Management, 1(3), 134-144.
Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan Di Yogyakarta). Perspektif, 16(1), 1–6. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Perspektif/Article/View/2347
Dumilah, R., Sunarto, A., Ahyani, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. Dedikasi Pkm, 1(1), 26. Https://Doi.Org/10.32493/Dedikasipkm.V1i1.6045
Hamzah, Y. I., Penelitian, P., Pengembangan, D., Kepariwisataan, K., Pariwisata, K., & Kreatif, D. E. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9. Http://Www.Kemenpar.Go.Id/Userfiles/Jki Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.Pdf
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1). Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V8i1.1827
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Strategi Promosi, 1(April), 1–10.
Herawati, A., Pradhanawati, A., & Dewi, R. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 103274.
Katrin, I. L., Setyorini, D., & Masharyono. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Javana Bistro Bandung. Jbe Jurnal Bingkai Ekonomi, 4(3), 57–71. Http://Marefateadyan.Nashriyat.Ir/Node/150
N. Lontoh, M. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 515–525.
Novita Klarisa. (2013). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Swalayan Maxi Balikpapan. Jurnal Manajemen, 1–15.
Reynaldi, G., & Suprapti, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek €˜hondaâ€Tm Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 6(1), 375–401.
Rosyida, S., & Anjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Store Atmosfer Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 105. Https://Doi.Org/10.17970/Jrem.16.160107.Id
Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pemilihan Tempat Kos Mahasiswa Di Tulungagung). Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. Https://Doi.Org/10.51747/Ecobuss.V8i2.622
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Npjqh
Tjiptono. (2002). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat Di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 9(2), 222.
Umami, Z. (2014). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Zahrotul Umami. Manajemen Bisnis.
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V3i2.9286
Winata, E. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Grand Serela Hotel & Convention Medan. Journal Ilmu Manajemen, 14.
Published
2021-04-06
How to Cite
Lutfi, W., Kamase, J., & Damis, H. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah (Studi Kasus Pada Travel Haji Dan Umrah PT. Al-Ikhlas Nur Safari). PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 373 - 383. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/785
Section
Articles