Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Jamaah Umroh yang Dimediasi oleh Kepuasan Jamaah PT Al-Ikhlas Nur Safari Tour & Travel Haji dan Umrah Makassar

  • Musfirah Musfirah Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ilham Labbase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Loyalitas, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Jamaah dan pengaruh Bauran Pemasarah terhadap Loyalitas Jamaah yang dimediasi oleh Kepuasan Jamaah PT Al Ikhlas Nur Safari Tour &Travell Haji dan Umrah Makassar. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Pengumpulan data melalui angket. Data dianalisis dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), meliputi pengujian Outer Model dan Inner Model dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa Bauran Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisawatan. Selain itu Bauran Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan yang dimediasi oleh Kepuasan. PT Al Ikhlas Nur Safari hendaknya lebih meningkatkan Bauran Pemasaran di Kota Makassar agar menunjang peningkatan Loyalitas Wisatawan melalui peningkatan kepuasan wisatawan PT Al Ikhlas Nur Safari. Bagi penelitian lanjutan yang ingin melakukan pengkaijan lanjutan berhubungan dengan tema penelitian ini agar dapat meningkatkan jumlah sampel serta menambah variabel lain untuk menjawab sisa hasil uji determinasi penelitian ini yaitu sebesar43,4%.

References

Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kanasha Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 459–468.
Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 6(1), 11-21.
Edward, Chan, S., & Majid, S. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Produk Apple Di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 8(3), 24–36.
Herawati, A., Pradhanawati, A., & Dewi, R. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 103274.
Ishak, A. (2009). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas : Studi Tentang Peran Mediasi.
Lumintang, A. (2013). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 140–150. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V1i3.1950
Novita Klarisa. (2013). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Swalayan Maxi Balikpapan. Jurnal Manajemen, 1–15.
Nugraha Windusara, D., & Artha Kusuma, A. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(12), 243300.
Philp, K. (2002). Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi Dan Pengendalian. 1(3), 89.
Pupuani, N., & Sulistyawati, E. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(6), 255275.
Reynaldi, G., & Suprapti, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek €˜hondaâ€Tm Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 6(1), 375–401.
Sondakh, C. (2018). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus Bni Cabang Manado). Jabe (Journal Of Accounting And Business Education), 19–32.
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V3i2.9286
Widyawati, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Serta Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Zakiah Medan. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 12(1), 74–96. Https://Doi.Org/10.24034/J25485024.Y2008.V12.I1.239
Winata, E. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Grand Serela Hotel & Convention Medan. Journal Ilmu Manajemen, 14.
Published
2021-04-06
How to Cite
Musfirah, M., Kamase, J., & Labbase, I. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Jamaah Umroh yang Dimediasi oleh Kepuasan Jamaah PT Al-Ikhlas Nur Safari Tour & Travel Haji dan Umrah Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 362 - 372. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/784
Section
Articles