Analisis Penerapan Periklanan, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Beriklan di Radio Madama

  • Cipta Canggih Perdana Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Bahar Sinring Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Sabri Hasan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Keputusan Pengiklan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion) dan hubungan masyarakat (public relation) terhadap keputusan beriklan di Radio Madama. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil survei pada 57 orang wakil 12 perusahaan yang menjadi sampel. Terhitung ada 50 perusahaan yang pernah memasang iklan di Radio Madama dalam kurun waktu 2018-2020. Data dianalisis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara bersama-sama Periklanan, Promosi penjualan, dan Hubungan masyarakat yang adalah bagian dari bauran promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan perusahaan menggunakan jasa layanan periklanan di Radio Madama. (2) Periklanan atau X1 berpengaruh positif namun tidak secara signifikan terhadap keputusan mengggunakan jasa layanan periklanan. (3) Promosi penjualan atau X2 berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa layanan periklanan. (4) Hubungan masyarakat atau X3 berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa layanan periklanan.

References

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan Di Yogyakarta). Perspektif, 16(1), 1–6. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Perspektif/Article/View/2347
Edward, Chan, S., & Majid, S. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Produk Apple Di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 8(3), 24–36.
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1). Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V8i1.1827
Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 152. Https://Www.Google.Com/Url?Sa=T&Rct=J&Q=&Esrc=S&Source=Web&Cd=42&Cad=Rja&Uact=8&Ved=0ahukewjb5alxiqxbahxvb30khchzdik4kbawcc4waq&Url=Https%3A%2F%2Fjurnal.Ugm.Ac.Id%2Fjmpf%2Farticle%2Fview%2F29390%2F17543&Usg=Aovvaw2mux8co0m0vbz16awxd8ma%0Ahttp://Www.Jurnal
Manemba, I. L., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Tarif Iklan Terhadap Keputusan Berlangganan Pada Siaran Radio Montini Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 55. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.3.2019.25513.55-72
N. Lontoh, M. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 515–525.
Nugraha Windusara, D., & Artha Kusuma, A. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(12), 243300.
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., & Solihin, E. H. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 15–23.
Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pemilihan Tempat Kos Mahasiswa Di Tulungagung). Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. Https://Doi.Org/10.51747/Ecobuss.V8i2.622
Tarmedi, E. (2008). Pengaruh Efektivitas Iklan Melalui Media Radio Terhadap Tingkat Keputusan Pembelian Produk Obat Flu Merek Mixagrip (Survei Pada Masyarakat Pendengar Radio Kelurahan Keraton, Pandeglang, Banten). Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 8(1), 33. Https://Doi.Org/10.17509/Strategic.V8i1.1001
Tjiptono. (2002). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat Di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 9(2), 222.
Winata, E. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Grand Serela Hotel & Convention Medan. Journal Ilmu Manajemen, 14.
Wowor, J. C. (2019). Pengaruh Iklan Komersial Di Radio Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelurahanbbahu Kota Manado. Jurnal Psikologi.
Published
2021-04-05
How to Cite
Perdana, C. C., Sinring, B., & Hasan, S. (2021). Analisis Penerapan Periklanan, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Beriklan di Radio Madama. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 336 - 347. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/781
Section
Articles