Pengaruh Struktur Modal dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Muh Aidhil Akbar AR Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Mahfudnurnajamuddin Mahfudnurnajamuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Lukman Chalid Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal (DER) dan likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan (PBV), dengan profitabilitas (ROE) sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI Periode 2015-2019 dengan total 26 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu metode sampling (purposive sampling) dengan jumlah sampel 11 perusahaan selama 5 periode, sehingga diperoleh jumlah data sebanyak 55 data perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan tingkat signifikansi α 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung yaitu struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikan 0,045 < 0,05, likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikan 0,173 > 0,05, struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas dengan tingkat signifikan 0,061 > 0,05, likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas dengan tingkat signifikan 0,382 > 0,05. Sedangkan pengaruh tidak langsung struktur modal melalui profitabilitas tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan, dan likuiditas melalui profitabilitas tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Adita, A., & Mawardi, W. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Total Assets Turnover, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate dan Properti yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Afriani, F., Safitri, E., & Aprilia, R. (2015). Pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan growth terhadap kebijakan dividen.
Aminatus Sholicha. (2020). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/19397/1/16510071.pdf
Anwar, S. (2013). Pengaruh Stuktur Modal Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Logam Dan Barang Dari Logam Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Universitas Komputer Indonesia.
Dewi, R. R., & Tarnia, T. (2011). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 6(2), 115–132.
Hamidy, R. R., Wiksuana, I. G. B., & Artini, L. G. S. (2015). Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Email : rahmanhamidy@gmail.com Tren investasi yang berkembang di. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(10), 665–682.
Hera, M. D. E., & Pinem, D. (2017). Pengaruh Likuiditas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. EQUITY, 2(1), 35–50.
Kamaluddin. (2011). Manajemen Keuangan Konsep Dasar dan Penerapannya. Mandar Maju.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT Rajagrafindo Persada.
Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(3), 458.
Nurhayati, M. (2013). Profitabilitas, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 5(2), 144–153.
Oktavia, L. (2017). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Dewan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Universitas Negeri Semarang.
Prasetyo, S. (2015). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015.
Rompas, G. P. (2013). Likuiditas Solvabilitas Dan Rentabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).
Septiyuliana, M., Sofia, M., & Rambe, P. A. (2016). Pengaruh Modal Intelektual dan Pengungkapan Modal Intelektual Pada Nilai Perusahaan yang Melakukan Intial Public Offering. 1–23.
Sudana, I. M. (2015). Teori dan Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan (Edisi 2). Erlangga.
Tunnisa, F. (2016). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilias Sebagai Variabel Intervening. Universitas Islam Negeri Alauddin MAkassar.
Velita, S., Siahaan, Y., Jubi, J., & Ervina, N. (2019). Pengaruh Likuiditas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 92–100.
Yani, Y. A., & Martha, L. (2019). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Kosmetik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Published
2021-04-01
How to Cite
Akbar AR, M. A., Mahfudnurnajamuddin, M., & Chalid, L. (2021). Pengaruh Struktur Modal dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 318 - 335. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/778
Section
Articles