Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar

  • Ade Ayu Cahyani Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Syahrir Mallongi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amir Mahmud Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di Kota Makassar. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di Kota Makassar. Keunggulan bersaing memberikan pengaruh dominan terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di Kota Makassar.

References

Armstrong, & Kotler. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran. Intermedia.
Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Barney, Jay. 1991. Firm Resource and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, Vol 17, No.1, p, 99-120.
Crawford & De Benedetto. 2000. Marketing. New York, McGraw – Hill.
Cynthia Vanessa DjodjoboHendra N. Tawas (2014). Analisis Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah di Lombok Barat. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. ISSN 2303 - 1174
David, F. 2006. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat.
David, F. 2011. Strategic Management : Concept and Cases global edition, Prentice Hall, New Jersey.
Dewi, S. T. (2006). ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan). Universitas Diponegoro.
Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA NASI KUNING DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA, 2(3), 1214–1224.
Droge, Cornelia &ShowneeVickrey (1994).“Source and Outcomes Of Competitive Advantage : An Explanory Study In the Furniture Industry” Decision Science. P 669-689.
Echdar. S. 2013. Management Entrepeneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Frishammar, J. and Horte, S.A. 2007.“The Role Of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation For New Product Development Performance In Manufacturing Firms”. Teknologi Analisis & Strategic Management, 22 (3) : 251 – 266.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi ke empat, Penerbit Universitas Diponegoro.
Grant, R. M. 1991. The Resource Based Theory Of Competitive Advantage : Implications For Strategy Formulation. California Management Review, Spring, pp 144 – 135.
Hasan, M Ali (2010).Manajemen Sekolah Bermutu. (Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Komitmen Guru, dan Peran Serta Masyarakat Terhadap Mutu SMP BerkategoriRintisan Sekolah Standar Nasional Di Kabupaten Indramayu), Disertasi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Hair, J., Black, W., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2009). Multivariate data analysis. Prentice Hall. Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation, 7th Edition. Pearson.
Hasan. A. 2013. Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan. CAPS Yogyakarta.
Heri, Setiawan. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar. Orientasi Teknologi, Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke – VIII, ISSN : 2085 – 1375.
Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas dan Inovasi Dalam Bisnis. Penerbit PT. Hecca Mitra Utama, Jakarta.
John A. Pearce dan Richard B. Robinson, Jr. (2008). Manajemen Strategis. Formulasi Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba empat.
Knight. G. 2000. Entrepreneurship and Marketing Strategy: The SME Under Globalization. Journal of International Marketing ISSN 1069.031X. Vol. 8 No. 2.
Kotler. P. Amstrong. G. Ang. G. H. Leong. S. M. Tanc. T. dan Tse. D. K. 2005. Principles Of Marketing : An Asian Perspective. Person Prectice Hall, Singapore.
Kotler dan Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan edisi ke 11 : PT. Index Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler. Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta. Erlangga.
Kuratko. D. F. 2009. Introduction To Entrepreneurship. Eight Edition. Ceng age Learning Canada.
Lava.A.S. 2012.Pengaruh Strategi Resource – Based dan Orientation Keriusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage), Pada Usaha Oleh – Oleh Makanan Khas Kota Probolinggo. Jurnal Universitas Brawijaya.
Lee. D.Y. and Tsang E.W.K. 2001. The Effect Of Entrepreneurial Personality, Background and Network Activities On Venture Growth, Journal Of Management Studies. 38 – 4 pp 583 – 602.
Looy, Van Bart.Gemmel Paul and Dierdonck Van R. (2013).Service Management An Integrated Approach. Second Edition. Pearson Education. Prentice Hall. Inc. Harlow. England.
Lukas, A. S. dan Ferrel, O. C. 2000. The Effect Of Market Orientation On Product Innovation Journal Of the Academy Of Marketing Science, DOI. 10.1177/0092070300282005, Vol 28, No. 2.
Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation, 7th Edition. Pearson.
Michael. E. Porter. 2008. On Competition. Harvard Business Review Book.
Muchtalifah. 2005. Pengaruh Sumber Daya Manusia, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Terhadap Strategi Bersaing, dan Kinerja Rumah Sakit. Jurnal Aplikasi Manajemen.
Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2015). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI, DAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA UKM SENTRA KABUPATEN MALANG). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10(1), 23–37.
Nasution. M. N. 2005. Total Quality Management.PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Nelly. L. 2006. Strategi Inovasi Dan Kinerja Perusahaan Manufaktur Di Indonesia, Pendekatan Model Simultan dan Model Sekuensial.J urnal Manajemen Vol. 6 No. 1.November.
Porter, Michael E. 1990. The Copetitive Advantage Of Nations. London : The Macmillan Press Ltd.
Prasetya, D. I. 2002. Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.ISSN 1412 – 8527 Vol. 1. No. 3
Reswanda. 2011. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Pembelajaran Organisasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan, Dan Kinerja Usaha Pada UMKM Kerajinan Kulit Berorientasi Ekspor di Sidoarjo. Jurnal DisertasiUnair.
Rita Indah Mustikowati. 2014. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Modernisasi.
Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi empat. Buku 1, Jakarta : Salemba Empat.
Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi, dan Inovasi Produk, Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis. Edisi ke VIII.ISSN : 2085 : 1375.
Sismanto. A. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Tesis Undip. Semarang.
Soeharto Prawiro. 1997. Kewirausahaan. Bandung. CV. Alfabeta. Sugiyono. 2009. MetodePenelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta.
Tjiptono. Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3 : Yogyakarta.
Wahyono. 2002. Orientasi Pasar Dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. 1 No. 1. 25 – 45.
Weerawardana. 2003. Exploring The Role Of Market Learning Capability In Competitive Strategy”. European Journal Of Marketing.
Wheelen& Hunger. 2004. Strategic Management and Business Policy. Pearson Prentice Hall. New Jersey.
Published
2021-03-26
How to Cite
Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 219 - 232. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/768
Section
Articles