Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Galesong Utara di Kabupaten Takalar

  • Eka Yulianti Muspah Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Achmad Gani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ramlawati Ramlawati Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Hard Skill, Soft Skill, Kinerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hard Skill dan Soft Skill terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Galesong Utara di Kabupaten Takalar.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data memakai kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang diambil sejumlah 55 pegawai memakai teknik simple random sampling yang dihitung dengan rumus Slovin. Analis data memakai uji statistik seperti uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda berganda, dan uji hipotesis. Hasil yang didapat membuktikan bahwa hard skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai t hitung  3,839 dengan taraf signifikansi 0.000. Untuk variabel soft  skill terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan t hitung 2,741 dan taraf signifikansi 0.008. Selanjutnya pada uji simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 29,835 dengan taraf signifikansi 0,000. Pada uji t didapatkan hasil bahwa hipotesis dapat diterima. Oleh sebab itu, penelitian ini menyimpulkan agar Kantor Camat Galesong Utara dapat lebih memperhatikan hard skill maupun soft kill pegawai melalui pengembangan karyawan dengan berbagai bentuk seperti pelatihan teknis, seminar motivasi, dan pengembangan lain yang sesuai.

References

Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 6(1), 11-21.
Djamaris, A. R. A. (2013). Analisis Faktor Kompetensi Soft Skills Mahasiswa yang Dibutuhkan Dunia Kerja Berdasarkan Persepsi Manajer dan HRD Perusahaan. J. Manaj, 17(2), 160-174.
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2013). Analisis multivariat dan ekonometrika: Teori, konsep, dan aplikasi dengan EVIEWS 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harijanto, S. (2010). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Atas di Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 80-91.
Isvandiari, A., & Al Idris, B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 17-22.
Marpaung, H. (2013). PENGARUH SOFT SKILL DAN HARD SKILL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA KOPERASI CU PARDOMUAN KECAMATAN PAKKAT (Doctoral dissertation, UNIMED).
Turere, V. N. (2013). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Emiliasari, E., Widarko, A., & Slamet, A. R. (2017). PENGARUH SOFT SKILL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL PELANGI MALANG. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(1).
Sinarwati, N. K. (2014). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mampu Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa?. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 3(2).
Suliyanto. 2009. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: ANDI.
Tambunan, I. P. (2017). Pengaruh hard skill dan soft skill terhadap kinerja karyawan PT. TELKOM SUMATERA (Doctoral dissertation, UNIMED).
Wahyuni, W. (2016). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Widiastuti, T., Aditya, E. M., & Paranita, E. S. (2014). Soft Skill Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Satu Pintu di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(1), 151-162.
Published
2021-02-09
How to Cite
Muspah, E. Y., Gani, A., & Ramlawati, R. (2021). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Galesong Utara di Kabupaten Takalar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 131 - 142. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/758
Section
Articles