Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avansa pada dealer Toyota di Kabupaten Soppeng

  • yuyu Rahayu Pasca Sarjana, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Personal Selling, Keputusan Pembelian, Toyota Avanza, Dealer Toyota

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar “Pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian mobil Toyoya Avansa pada dealer Toyota di Kabupaten Soppeng.adapun unsur yang meliputi personal selling yaitu pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan, dan menutup penjualan yang merupakan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode survei sebagai alat pengumpulan data. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret-april 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli mobil Toyoya Avansa pada dealer Toyota di Kabupaten Soppeng yang berjumlah sekitar 382 orang. Jumlah sampel yang dianbil dalam penelitian ini sebanyak 38 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji detrminasi, uji-t dan uji-f. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa secara parsial pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan dan menutup penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji-f juga menunjukkan semua unsur personal seling (pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan, menutup penjulan) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyoya Avansa pada dealer Toyota di Kabupaten Soppeng. Keputusan pembelian mampu dipengaruhi oleh unsur personal selling sebesar 73,8%, sedangkan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh unsur lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Ashoer, M, M. N. Hamzah, and F. Mustafa. 2019. “Analisis Faktor Yang Mendorong Konsumen Memilih Hotel Melalui Situs Traveloka.Com.” Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen 5(2).
Ashoer, M., and S. Said. 2016. “The Impact of Perceived Risk on Consumer Purchase Intention in Indonesia; A Social Commerce Study.” in International Journal of International Conference on Accounting, Management, Economics and Social Sciences (ICAMESS). FEB Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ashoer, M., R. R. Taufan, M. H. Syahnur, and A. M. Arumbarkah. 2020. “Determinants of Consumers’ E-Satisfaction in E-Commerce Website: Role of E-Service Quality Dimensions.” The International Journal of Business & Management 8(2):113–18.
Ashoer, Muhammad. 2019. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan Situs Toko Online Brodo.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika 15(3):238–51.
Ashoer, Muhammad, Haerdiansyah Syahnur, and Imaduddin Murdifin. 2019. “Bagaimana Gaya Hidup Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online?” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 20(1):52–65.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, Edisi Pertama,1999.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1, 1997.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008
Lupiyoadi, rambat dan Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Mangkunegara, Anwar Prabu, Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama, 2002.
Mursid, M, Manajemen pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
Nasution, Arman Hakim, Th. I. Indung Sudarso, dan Lantif Trisunamo, Manajemen Pemasaran Untuk Engineering. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Priyanto, Duwi, Mandiri Belajar SPSS: Untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta; Mediakom, 2008.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. dengan kata pengantar oleh Buchari Alma Bandung: Alfabeta, 2008.
Saedeli, Lili, Pengantar Bisnis : Ilmu Menjual. Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan pertama, 2000.
Setiadi, J. Nugroho, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian pemasaran. Jakarta: kencana, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2005.
Swasta, Basu. Dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern. Cet. 2. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2008.
Wahid Sulaiman, Analisis Regresi Menggunakan SPSS ; Contoh Kasus dan Pemecahannya, (Yogyakarta : Andi Offset, 2004)
Yohanes Anton Nugroho, It’s Easy Olah Data Dengan SPSS, (Cet. Pertama, Yogyakarta : Skripta Media Creative, 2011)
Published
2020-12-17
How to Cite
Rahayu, yuyu. (2020). Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avansa pada dealer Toyota di Kabupaten Soppeng. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(4), 177-188. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/640
Section
Articles