Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Pisang dengan Pendekatan Business Model Canvas

  • Rezvanny Maricar Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar
Keywords: Strategi Pengembangan, Bisnis Model Kanvas, Keripik Pisang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami gambaran kanvas model bisnis dan membuat desain transformasi bisnis. Penelitian dilakukan di Kecamatan Sinar Surya Barru, merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi Keripik Pisang. Untuk melengkapi data yang valid, peneliti melakukan metode penelitian tindakan partisipatif, dimana peneliti juga terlibat selama lebih dari dua bulan di perusahaan. Gambaran umum perusahaan dijelaskan secara deskriptif dengan mendeskripsikan posisi sumber daya perusahaan dan kinerjanya. Model bisnis dan model transformasi bisnisnya dianalisis menggunakan pendekatan kanvas model bisnis dan peta empati pelanggan. Hasil strategi pengembangan transformasi bisnis CV Sinar Surya adalah meningkatkan pelestarian segmen pelanggan dan juga sebagai resource key mereka. Peningkatan pada proposisi nilai seperti layanan kustomisasi pelanggan dan media sosial dalam nilainya pada saluran dan hubungan pelanggan menghasilkan aliran pendapatan dari penjualan produk baru yang berbahan dasar pisang. Peningkatan juga diperlukan dalam kegiatan sosial pada kegiatan utama, peningkatan mitra seperti penyelenggara kegiatan dan layanan pengiriman sebagai mitra utama, juga biaya tambahan untuk penyesuaian dan kegiatan sosial pada struktur biaya.

References

Ashoer, M., R. R. Taufan, M. H. Syahnur, and A. M. Arumbarkah. 2020. “Determinants of Consumers’ E-Satisfaction in E-Commerce Website: Role of E-Service Quality Dimensions.” The International Journal of Business & Management 8(2):113–18.
Chesbrough, H. W, 2006. Open Business Models: How to Thrive in The New Innovation Landscape. Boston: Harvard Business School Press
Gunawan, T. 2017. Khasiat dan Manfaat Bayam. www.aura-ilmu.com. Diakses pada 30
Oktober 2016.
Husin, Saleh, 2016. Sektor Makanan dan Minuman Topang Pertumbuhan Industri. www.antaranews.com. Diakses pada 12 Oktober 2016.
Hartanto, Airlangga, 2019. Industri makanan dan minuman jadi sector kampiun. www.kemenperin.go.id. Diakses pada 9 Juli 2020.
Nielsen, Christian & Lund, Morten, 2013. The Basics of Business Models. Bookboon.com. Osterwalder, A. & Pigneur, Y., 2012. Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Putra, A. H. P. K., M. Ashoer, Akmal Abdullah, Ali Muhtasom, Ida Farida, and Arfiany Guntur. 2019. “The Determinant of SME’s Performance: The Main Role of Leadership Strategy, Knowledge, and Business Orientation.” Pp. 430–34 in Proceedings of the 1st International Conference on Life, Innovation, Change and Knowledge (ICLICK 2018). Atlantis Press.
Rukka, R.M., 2008. Analisis Perancangan dan Pengembangan Agrosistem: Buku Kerja dalam 8 Modul Pembelajaran. Bahan Ajar Matakuliah APPAS (Tidak dipublikasikan). Makassar: Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin.
Tim PPM Manajemen, 2012. Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: PPM.
Published
2020-07-07
How to Cite
Maricar, R. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Pisang dengan Pendekatan Business Model Canvas. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(4), 205-218. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/587
Section
Articles