Analisis dampak bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia cabang makassar

  • Fyrdha Faradyba Hamzah Universitas Muslim Indonesia
  • Gisyari Mustagfirah Surur Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan, Konsumen

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pos Indonesia Cabang Makassar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner. Sampel penelitian ini adalah pelanggan PT. Pos Indonesia cabang Makassar yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh bauran pemasaran jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukkan variabel-variabel dalam bauran pemasaran memiliki kemampuan mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 55,3%. Dari hasil koefisien regresi yang didapat menunjukkan variabel daya tanggap menjadi faktor terbesar yang mempengaruhi kepuasan pelanggan kemudian variabel bauran pemasaran yang termasuk produk, tempat, partisipan/orang, harga, promosi, sarana fisik, dan proses memiliki tingkat yang sama dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan.

References

Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 459-468.
Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Chusminah, C., & Haryati, R. A. (2020). Impresi Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 2(2), 163-171.
David, D. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, CITRA MEREK, DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI KOTA PALEMBANG (Doctoral dissertation, STIE Multi Data Palembang).
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31-40.
Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). Pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas muhammadiyah sumatera utara. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(01).
Indrawati, A. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Lembaga Pendidikan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(1), 25-35.
Lenzun, J. J., Massie, J. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.
Noviana, B. I. (2013). Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Amaris Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 472-482.
Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).
Tangguh W, G. G., Pangestuti, E., & Nuralam, I. P. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 Dan 2017/2018). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(2), 108-117.
Wowor, V. R. (2012). Bauran Pemasaran Jasa, pengaruhnya terhadap kepuasan Konsumen pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Published
2019-10-31
How to Cite
Hamzah, F., & Surur, G. (2019). Analisis dampak bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia cabang makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(4), 183-195. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/531
Section
Articles