Menilai Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard

  • Nurul Fuada Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Balanced Scorecard dari segi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif sumber daya manusia terhadap kinerja PDAM Tirta Manakarra Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 75 orang pegawai PDAM Tirta Manakarra Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Data analisis dengan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 23.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek operasional dan aspek sumber daya manusia secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PDAM Tirta Manakarra Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

References

Arumbarkah, A. M. (2019, April). Analisis Penilaian Kinerja PT Bank BRI TBK Kanwil Makassar Dengan Pendekatan Balance Scorecard. Bongaya Journal for Research in Management, 2(1).

Dini, S. H. (2019). Analisis Penilaian Kinerja PT Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar Dengan Pendekatan Balance Scorecard. Akmen Jurnal Ilmiah, 16(1).

Djo, N. H., & Dharmadiaksa, I. B. (2019, Maret). Penerapan Balance Scorecard Pada Pengukuran Kinerja PT Blue Bird Tbk. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(3), 1912-1937.

Harorld, L., & Thenmozhi, M. (2014). An Integrated Performance Succes Mesurement Framework for Evaluating Banking System Success : An Empirical Study. Journal of Performance Management, 10(3), 28-55.

Hasanah, A. F., Jubaedah, S., & Astuti, A. D. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Laba Perusahaan Property&Real Estate di Bursa Efek Indoensia. Jurnal Kajian Akuntansi, 2(2).

Hery. (2017). Balance Scorecard fo Bussiness. Jakarta: PT Grasindo.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2002). Balance Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Kasmawati. (2016). Impelmentasi Balance Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja RS Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda. eJurnal Administrasi Bisnis, 4(2).

Mayasari, & Tika, A. (2015, Maret). Analisis Balance Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja Perusahaan PT Jamsostek Cabang Belawan. Journal Riset Akuntansi dan Bisnis, 15(1).

Sari, W. (2013). Pengaruh Keempat Perspektif Balance Scorecard Terhadap Kinerja Seka Swalayan Sragen. Jurnal Ilmiah Universitas Kristen Satya Wacana, 15(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Suhada, A., & Hendrayanti, E. (2019). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Optimal, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(1).

Susianti, H., S. S., & Y. T. (2018, Maret). Pengaruh Penerapan Balance Scorecard Terhadap Kinerja Dinas Kpreasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Boyolali. ADVANCE, 5(1).

Trisyulianti, R., & Erlin. (2016, Agustus). Perancangan Balance Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Perusahaan PT Asuransi MISG Indonesia. Jurnal Manajemen dan Organisasi, VII(2).

Wilda Pertiwi Nisa Abida, Muhammad Rafki Nazar, Muhammad Muslih. 2018. Pengaruh Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan). e-Proceeding of Management : Vol.5, No.1 Maret. ISSN : 2355-9357.

WIKANSARI, R., SYAHPUTRA, H., & MURFAT, M. Z. KARYAWAN BARU.

Published
2020-04-30
How to Cite
Fuada, N. (2020). Menilai Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2), 191-199. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/515
Section
Articles