Analisis Rasio Asset Lancar, Rasio Utang Lancar dan Tingkat Perputaran Modal Terhadap Kemampuan Memperoleh Laba Pada Perusahaan Industri Logam yang terdaftar di Bursa Efek

  • Muhammad Syauqi Said Pasca Sarjana, Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Rahman Mus Universitas Muslim Indonesia
  • Ibrahim Dani Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Rasio Asset Lancar, Rasio Uang Lancar, Tingkat Perputaran Modal, Kemampuan Memperoleh Laba

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Rasio Asset Lancar, Rasio Utang Dan Tingkat Perputaran Modal Terhadap Kemampuan Memperoleh Laba Pada Perusahaan Industri Logam Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang diambil dengan cara mengunduh laporan keuangan dari perusahaan industri logam yang terdaftar di bursa efek Indonesia sebanyak 14 perusahaan. Dan selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asset Lancar, Utang Lancar, dan Tingkat Perputaran Modal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan Memperoleh Laba pada perusahaan industri logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

References

A. Kurniawan, 2016. Pengaruh likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada perusahaan perbankan yang tercatat di bursa efek Indonesia. Tesis Pascasarjana Univeritas Muslim Indonesia, Makassar.
Amrita Maulidia Rahmah, Wayan Cipta, Fridayana Yudiaatmaja, 2016. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Andi Luhut Prabowo Panggabean, 2013. Analisis pengaruh faktor fundamental perusahaan dan ekonomi melalui profitabilitas terhadap return saham (Studi kasus saham Consumer Goods industri yang terdaftar di BEI. Tesis Pascasarjana Universitas Terbuka, Medan.
Dilla Ayu Puspita, 2018. Analisis Pengaruh Aktivitas, Solvabilitas Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas, Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.
Henny Anita Siallagan Dan Catur Fatchu Ukhriyawati, 2016. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Aktivitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2014, Skiripsi Universitas Riau Kepulauan Batam.
I Made Sudana, 2009. Manajemen Keuangan. Buku Penerbit Erlangga. Edisi Pertama.
I Made Sudana, 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan. Buku Penerbit Erlangga. Edisi Kedua.
Kumala Jodie Pranata Limarjo, 2012. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Rokok Di Indonesia (Studi Kasus pada Industri Rokok Go-Public yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2004-2011). Universitas Hasanuddin Makassar.
Maria Delsiana Adur, Wahyu Wiyani, Anandhayu Mahatma Ratri, 2018. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Rokok, Jurnal Bisnis dan Manajemen.
Ridha, A., Perdana, A. H., & As' ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 1(1), 86-96.
Suad Husnan, 2013 Manajemen Keuangan. Modul Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka.
Published
2020-07-07
How to Cite
Said, M., Mus, A., & Dani, I. (2020). Analisis Rasio Asset Lancar, Rasio Utang Lancar dan Tingkat Perputaran Modal Terhadap Kemampuan Memperoleh Laba Pada Perusahaan Industri Logam yang terdaftar di Bursa Efek. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(3), 150-160. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/503
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>