Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018

  • Ummu Kalsum Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Masdar Mas'ud Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Suriyanti Suriyanti Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Current Ratio, Total Asset Turn Over, Debt to Asset Ratio, Return on Equiry, Hrga Saham

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja likuiditas (CR) perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di BEI Tahun2016-2018 berdasarkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh kewajiban keuangannya yang harus segera dipenuhi atau kemampuan perusahaan untuk memenuhi keuangannya pada saat jatuh tempo. Hubungan likuiditas dengan harga saham menunjukkan rasio likuiditas yang di ukur menggunakan rasio lancar.Semakin tinggi rasio lancar maka semakin tinggi kelancaran perusahaan dalam mengelola aktiva lancarnya sehingga meningkatkan harga saham.Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif antara rasio likuditas dengan harga saham. Rasio lancar menunjukkan sampai sejauh mana tagihan-tagihan jangka pendek dari para kreditor dapat dipenuhi dengan aktiva yang diharapkan akan dikonversi menjadi kas dalam waktu dekat sehingga rasio lancar merupakan indikator terbaik yang menunjukkan sejauh mana kewajiban lancar dapat dipenuhi dengan aktiva lancar. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian yang berguna untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). oleh karena itu untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) digunakan persamaan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan variable kinerja keuangan yaitu Current ratio, Total assets turn over, Debt to total asset ratio dan Return on equityterhadap harga saham pada perusahaam sector property dan real estate.

References

Ang, Robert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.
Gatiningsih. 2009. Analisis Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman Periode 2007 – 2009 yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Malang: Universitas Diponegoro.
Kusumawardani, Angrawit. 2010. Analisis Pengaruh EPS, PER, ROE, FL, DER, CR, ROA Pada Harga Saham dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan LQ45 yang Terdaftar DI BEI Periode 2005- 2009. Jawa Barat: Universitas Gunadarma.
Michael C. Thomsett, Jean Freestone Thomsett. 2009. Getting Started in Real Estate Investing. John Wiley & Sons Inc.
Munawir.S. 2007.Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Riyanto,Bambang. 2004. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Penerbit GPFE.
Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: BPFE.
Sucipto. 2003. Penilaian Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi. Medan: Universitas Sumatra Utara.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundjaja, Ridwan S dan Inge Barlian. 2003. Manajemen Keuangan Dua Edisi Keempat. Yogyakarta: Literata Lintas Media.
Weston, J,F& Brigham, E,F. 2005. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010.Jurnal Nominal.Vol 1. 2016.
Published
2020-07-14
How to Cite
Kalsum, U., Mas’ud, M., & Suriyanti, S. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(3), 90 - 100. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/493
Section
Articles