Pengaruh Modal Kerja dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Ulfa Hawaliah Hamzah Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Mahfudnurnajamuddin Mahfudnurnajamuddin Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Budiandriani Budiandriani Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Modal Kerja, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini menggunakan data deskriptif dan verifikatif dengan total sampel perusahaan sebanyak 25 perusahaan periode 2015-2018. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), variabel penelitian ini terdiri dari variabel eksogen yaitu Modal kerja yang indikatornya perputaran kas, perputaran persediaan, perputaran piutang, dan variabel eksogen Profitabilitas yang indikatornya GPM, ROE, ROA, sedangkan variabel endogen penelitian ini adalah Nilai Perusahaan yang indikatornya PBV, PER, Tobins-q. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modal kerja berpengaruh positif dan signifikan  terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, (2) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhaap nilai perusahaan pada perusahaaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Hal yang dapat peneliti sarankan guna pengembangan penelitian lebih lanjut, antara lain: (1) Penelitian semacam ini masih terbuka untuk kembali dilakukan penelitian di masa yan akan datang, mengingat hasil penelitian yang didapati masih bervariasi. (2) Menambah periode dan sampel penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel pada kondisi perekonomian yang berubah. (3) Menggunakan metode lain yang lebih baik dan handal atau variasinya, untuk meningkatkan presisi atau kemampuan hasil penelitian dan menjeaskan aktivitas manajemen perusahaan dalam mengelola modal kerja dan profitabilitas dengan optimal. (4) Penelitian selanjutnya dapat menambah cakupan penelitian di luar perusahaan manufaktur ataupun perusahaan di luar Bursa Efek Indonesia agar dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai perilaku perusahaan-perusahaan di Indonesia.

References

Gay, L. R. dan Diehl, P. L., 1992, Research Methods for Business and Management, MacMillan Publishing Company, New York.
Handoko, T,Hani.2000.Manajemen.Edisi Kedua:Yogyakarta:BPFE- Yogyakarta
Mardiyanto, Handono, 2009. Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta : Grasindo
Margaretha, Farah. 2014. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: PT Dian Rakyat
Oka Kusumajaya, D.K. 2011. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Tesis Program Magister, Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Udayana.
Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Sartono Agus, 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA.
Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.
Suharli, Michell. 2006. Studi Empiris Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Dalam Jurnal Manjemen Akuntansi, 6(1): h: 23-24.
Susilo, Agus, 2009. “Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Harga Saham”. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Surakarta.
Umar Husein . (2001). Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Published
2020-07-14
How to Cite
Hamzah, U. H., Mahfudnurnajamuddin, M., & Budiandriani, B. (2020). Pengaruh Modal Kerja dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(3), 79 - 89. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/492
Section
Articles