Analisis Disparitas Pendapatan di kawasan Mamminasata

  • Dahliah Dahliah Universitas Muslim Indonesia
  • Dwi Fajriani Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pembangunan, Ketimpangan, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disparitas pendapatan di Kawasan Mamminasata. Skripsi ini berjudul “Analisis Disparitas Pendapatan di Kawasan Mamminasata”. Pokok masalah yang diteliti yaitu Pola dan Struktur ekonomi dan Tingkat ketimpangan di Kawasan Mamminasata. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menganalisis data sekunder, dalam hal ini bersifat tahunan dengan menggunakan renis waktu yaitu antara tahun 2013-2017. Data yang diperoleh tersebut diolah sesuai dengan kebutuhan model yang digunakan, dalam hal ini menggunakan Indeks Williamson. Sumber data yang digunakan berasal dari berbagai sumber, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan, dan sumber lain sesuai kebutuhan peneliti. Hasil Analisis Indeks Williamson yaitu ketimpangan antar kabupaten di Kawasan Mamminasata secara umum meningkat dan terjadi ketimpangan yang cukup tinggi. Hal ini terjadi karena antara lain perbedaan kandungan sumber daya alam, perbedaan kondisi demografis, kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa, konsentrasi kegiatan ekonomi wilayah, dan alokasi dana pembangunan antar wilayah.

References

Arsyad, Lincolin. 2010. Pengantar Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. Edisi Kelima. BPFE. Yogyakarta.
Boediono, 1992. Teori Pertumbuhan Ekonomi, BPFE Yogyakarta.
BPS Sulawesi Selatan. 2017. Produk Domestik Regional Bruto Atas Harga Berlaku Menurut Kabupaten/Kota Tahun 2013-2017.
Bappenas. 2010. Bantuan Revitalisasi Pengembangan Ekonomi Lokal. Direktorat Perkotaan dan Pedesaan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Jakarta.
Departemen Agama RI. Qur’an Tajwid Maghfirah. Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006. Kuncoro, Mudrajat. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah – Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang. Jakarta : Erlangga.
Lincolin, Arsyad. 1999. Ekonomi Pembangunan, STIE YKPN, Yogyakarta.
Mudrajad, Kuncoro. 2003. Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah dan Kebijakan, AMP YKPN, Yogyakarta.
Prayitno, Teguh. 2009. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Ketimpangan Antar Wilayah Kecamatan di Kabupaten Kebumen Tahun 2000-2006.
Riadi, R.M. 2006. Pertumbuhan dan Ketimpangan Pembangunan Antar Daerah di Propinsi Riau. FKIP Universitas Riau.
Riskaamelia, Ayu. “Laju pertumbuhan penduduk terhadap perekonomian Indonesia”, diakses dari https://ayuriskaamelia.wordpress.com/soft-skill/.
Rudi. 1999. “Analisis Laju Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Ketimpangan Antar Wilayah Kecamatan di Kabupaten Semarang periode 2000-2004”, FE UNDIP, Semarang
Sadono, Sukirno. 1996. Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan, LPFE UI, Jakarta.
Soendari, Tjuju. Teori-teori Penelitian. Surabaya: Erlangga, 2013
Syafrizal. 1997. Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Regional Wilayah Indonesia Bagian Barat, Majalah Prisma . No.3 Maret 1997, LP3ES.
Sjahrijal. 2008. Ekonomi Regional : Teori dan Aplikasi. Praninta Offset. Padang
Sudarmono, Mulyanto. 2006. Transformasi Struktural Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Antar Daerah di Wilayah Pembangunan Jateng
I. (Tesis). Universitas Diponegoro Semarang.
Siregar, Budi Basa. 2012. “Analisis Disparitas Pendapatan dan Faktor-faktor yang mempengaruhi di Provinsi Sumatra Utara,.”Diakses dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20297755T30065Budi%20Basa%20Sire gar.pdf.
Tambunan, Tulus. 2001. Perekonomian Indonesia : Teori dan Temuan Empiris. PT.Ghalia Indonesia.Jakarta.
Todaro, Michael. 1999. Perkembangan Ekonomi Dunia Ketiga, Erlangga, Jakarta.
Todaro, M.P dan S.C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Kesembilan Jilid 1. Erlanggan : Jakarta.Yamin, Sofyan. 2011. Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling.Penerbit: Salemba Infotek, Jakarta.
Published
2020-01-06
How to Cite
Dahliah, D., & Fajriani, D. (2020). Analisis Disparitas Pendapatan di kawasan Mamminasata. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 241-251. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/453
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>