Dampak Motivasi dan Disiplin Pegawai Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada BAPPEDA Provinsi Sulawesi Barat

  • Abdurahman Basalamah Universitas Tomakaka Mamuju
  • Fadila Wati Universitas Tomakaka Mamuju
Keywords: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Produktifitas Kerja, Manajemen Sumberdaya Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (i) motivasi kerja terhadap produktivitas kerja; (ii) disiplin kerja terhadap produktivitas kerja; dan (iii) motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausalitas yang diarahkan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel. Penelitian ini dilaksanakan di Bappeda Provinsi Sulawesi Barat. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 62 responden. Populasi tersebut sekaligus menjadi sampel (sensus sampling). Penelitian ini menggunakan metode survey dalam pengumpulan data.Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, (ii) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, dan (iii) motivasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Seluruh hipotesis penelitian dinyatakan diterima, hal ini menandakan bahwa peningkatan variable motivasi kerja dan disiplin kerja dapat meningkatkan produktivitas kerja.

References

Abdul Azis. 2010. Pengaruh motivasi, disiplin dan ethos kerja terhadap produktivias pegawai (Studi kasus di Unit Kerja Bekri PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Tesis; Jakarta. Universitas Indonesia.
Fitriyanto Nugroho. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Industri Kerajinan Topeng Di Dusun Bobung Putat Patuk Kabupaten Gunungkidul. Skripsi, Yogyakarta; Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibriati Kartika Alimuddin. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai (studi kasus pada PT. Telkom Indonesia, Tbk Cabang Makassar). Skripsi, Makassar ; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.
Mankunegara, AP. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Instansi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mauled, Mulyono. 2004. Penerapan Produktivitas Dalam Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Muchdarsyah Sinungan. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Soedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung : Mandar Maju.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta
Veithzal Rivai, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Instansi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Published
2020-01-31
How to Cite
Basalamah, A., & Wati, F. (2020). Dampak Motivasi dan Disiplin Pegawai Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada BAPPEDA Provinsi Sulawesi Barat. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 71 - 77. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/423
Section
Articles