Analisis Pengaruh Rasio Efektivitas, Kemandirian dan Kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah pada Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Provinsi Sultra

  • Armiyani Armiyani Magister Manajemen, Universitas Muslim Indonesia
  • Masdar Mas'ud Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ratna Dewi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Rasio Efektivitas, Rasio Kemandirian, Rasio Kontribusi, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio efektifitas, rasio kemandirian dan rasio Kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah kota Kendari. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Jumlah pengamatan dalam penelitian adalah 10 tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, yaitu analisis data yang menggambarkan analisis kinerja keuangan pada BPPRD kota Kendari provinsi Sulawesi Tenggara. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yaitu rasio efektivitas, rasio kemandirian dan rasio kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah digunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio efektivitas tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada kantor BPPRD Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Rasio kemandirian berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada kantor BPPRD Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Rasio kontribusi pajak daerah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada kantor BPPRD Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

References

A.Dwiayu Permatasari, 2016. Analisis Kinerja Keuangan Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Barru dan kota Makassar. Tesis. UMI Makassar.
Abdul Halim. 2008. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba Empat
-------------.2001. Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Arif Kurniawan, 2015. Penilaian tingkat kinerja keuangan dengan menggunakan analisis rasio keuangan pada DPPKAD (Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Boyolali Periode tahun 2011-2013. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Assidiqi, 2014. Analisis kinerja keuangan pendapatan daerah Kabupaten Klaten dilihat dari pertumbuhan pendapatan daerah pemerintah Kabupaten Klaten selama Tahun 2008-2012. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Bisma, I Dewa Gde dan Hery Susanto. 2010. “Evaluasi Kinerja Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Anggaran 2003-2007”.GaneÇ Swara Edisi Khusus Vol. 4. (Desember). No.3.
Ghozali, Imam, 2007. Aplikasi Analisis Multivariate, Badan Penerbit UNDIP, Semarang
Gujarati, Damodar dan Porter, Down. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi Ke 5. Salemba Empat, Jakarta.
Juliani Dora.2017. Analisis Kinerja Keuangan Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2010-2014. Tesis. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Julitawati, Ebit., Darwanis., Jalaluddin. 2012. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Kinerja Keungan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Jurnal Akuntansi, 1 (1): 15-29.
Mahmudi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. UPP STIM YKPN, Yogyakarta
Mardiasmo. 2006. Perpajakan Edisi Revisi 2006, CV Andi Offset, Yogyakarta.
Mardiasmo. 2002. Perpajakan Edisi Revisi 2002. Andi.Yogyakarta.
Mesak Borolayuk, 2014. Analisis Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Mamasa Terhadap Efisiensi Pendapatan Asli Daerah. Journal Vol 1, 012
Mohamad Mahsun. 2009. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE
Yamin, Sofyan, Rachmah A., L., dan Kurniawan H., 2011. Regresi dan Korelasi dalam Genggaman Anda: Aplikasi dengan Software SPSS, Eviews, Minitab, dan Statgraphics. Salemba Empat, Jakarta.
Rahmayati, 2016. Analisis kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten sukoharjoTahun anggaran 2011-2013. Journal Vol VI, Juli-Desember 2016.
Rai, I Gusti Agung. 2010. Audit Kinerja Pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat
Rita Engleni. 2001. “Pentingnya Penyusunan Rencana Penerimaan PAD Jangka Menengah Dalam Menunjang Akuntansi Manajemen Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Padang”.
Santosa. 2014. Analisis kinerja keuangan pada dinas pendapatan pengelolaan, keuangan, dan aset (DPPKA) kabupaten kepulauan Sangihe. Journal. ISSN 2303-1174
Santoso Singgih, 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Saputra, Sandy Candra, I Wayan Suwendra, dan Fridayana Yudiatmaja. 2016. “Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah di Kabupaten Jembrana Tahun2010-2014”. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen Vol. 4.
Semmaila, B dan Sinring, B, 2013. Statistika Inferensial. Cetakan 1, Penerbit Arus Timur, Makassar.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan ke-15. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sumawan, I.W., dan I.M. Sukarta. Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Kinerja Belanja Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14 (3): 1727-1754.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Published
2019-07-31
How to Cite
Armiyani, A., Mas’ud, M., & Dewi, R. (2019). Analisis Pengaruh Rasio Efektivitas, Kemandirian dan Kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah pada Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Provinsi Sultra. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3), 24 - 33. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/215
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)