PENGARUH PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP BELANJA MODAL PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN LUWU UTARA

  • Ujianti Tawakkal STIE Wira Bhakti
Keywords: Pajak, Retribusi Daerah, Belanja Modal

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak dan retribusi daerah terhadap belanja modal pada badan pengelolaan keuangan dan aset daerah di Kabupaten Luwu Utara. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang berkaitan dengan variabel pajak daerah (X1) dan variabel kedua daerah (X2) sedangkan variabel terikatnya belanja modal (Y). Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows 16.00. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah tidak berpengaruh terhadap belanja modal. Implikasi hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kenaikan pajak dan retribusi daerah tidak akan mempengaruhi belanja modal badan pengelolaan keuangan dan aset daerah di Kabupaten Luwu Utara.

References

Asteria, B. (2015). Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 2(1), 51-61.
Arwaty, D., & Hadiati, N. (2013, November). PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL PADA PEMERINTAH DAERAHKABUPATEN/KOTA DI PROPINSI JAWA BARAT. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN 2013 (SEMANTIK 2013), Universitas Dian Nuswantoro.
Darwanto dan Yulia Yustikasari. 2007. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal. Simposium Nasional Akuntansi X, Makasar, 26-28 Juli 2007.
Mamonto, S., Kalangi, J., & Tolosang, K. (2015). Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Belanja Modal (Studi pada Kabupaten Bolaang Mongondow Periode 2004-2013). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(01).
Novalia, N. D. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Lampung.
Nugroho, F., & Rohman, A. (2012). Pengaruh Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Kinerja Keuangan Daerah Dengan Pendapatan Asli Daerah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Propinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Oktora, F. E., & Pontoh, W. (2013). Analisis Hubungan Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Dana Alokasi Khusus Atas Belanja Modal Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. ACCOUNTABILITY, 2(1), 1-10.
Sianturi, A. (2010). Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pengalokasian Belanja Modal Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara.
Sularno, F. M. (2013). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.
Suwandi, K. A., & Tahar, A. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota DI Yogyakarta). InFestasi, 11(2), 118-136.
Published
2019-02-03
How to Cite
Tawakkal, U. (2019). PENGARUH PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP BELANJA MODAL PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN LUWU UTARA. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 210-217. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/174
Section
Articles