EDUKASI DAN PENGENALAN PRODUK DAN JASA PERBANKAN SYARIAH PADA KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA DI DESA PADDINGING KABUPATEN TAKALAR

  • Ibrahim Dani Universitas Muslim Indonesia
  • Kasnaeny Karim Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bank Syariah, Produk Ibu Rumah Tangga, Paddingingan, Takalar

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar, dengan jumlah penduduk muslim 87% dari keseluruhan populasi. Namun besarnya jumlah penduduk muslim, tidak membuat perbankan syariah diminati. Terdapat beberapa faktor penyebab belum diminatinya perbankan syariah, yakni masih sulitnya menjangkau lokasi bank, kurangnya informasi mnengenai produk-produk syariah, serta informasi mengenai perbedaan nyata antara perbankan konvensioanl dengan perbankan syariah, dan masyarakat masih lebih menyukai sistem bunga. Selain itu, Kurangnya masyarakat di pedesaan mengenal bank syariah disebabkan kurangnya promosi yang dilakukan oleh perbankan syariah, selain belum melihat perbedaan nyata antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional. Dengan demikian tujuan dari kegiatan PKM ini adalah melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi terkait sistem perbankan syariah, dan perbedaan bunga dengan sistem bagi hasil, dimana bunga dalam agama Islam dipandang sebagai riba yang sangat dilarang di dalam agama Islam. Alasan dilakukannya kegiatan ini disebabkan mensosialisasikan perbankan syariah bukan hanya tugas pemerintah atau kembaga terkait, namun menjadi tanggungjawab ummat Islam khususnya Perguruan Tinggi yang berbasis Islam. Sasaran pada wanita ibu rumahtangga disebabkan karena dari ibulah yang akan menjelaskan kepada generasi berikutnya atau anak-anak mereka. Luarannya: (1) rekayasa sosial untuk penguatan potensi masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan terkait perbankan syariah, (2) meningkatkan minat masyarakat di pedesaan untuk menggunakan layanan perbankan syariah (3) artikel ilmiah (4). Publikasi media cetak on line (5) Vidio kegiatan, (6) Luaran tambahan publikasi pada jurnal pengabdian Bina Ukhuwah

References

Aiyub. (2007). Analisis Perilaku Masyrakat Terhadap Keinginan Menabung dan Memperoleh Pembiayaan Pada Bank Syariah Di Nangroe Aceh Darussalam. E-Mabis FE-Unimal, 8(1), 1–102.
Karim, K. (2017). Kajian Mengenai Kepuasan Nasabah Bank Syariah di Kota Makassar. Fordebi, 1(March 2017), 1–20.
Karim, K., & Dani, I. (2020). Customers’ Switching Barrier on Switching Behavior from Conventional Banks to Sharia Banks. Hasanuddin Economics and Business Review, 4(2), 44. https://doi.org/10.26487/hebr.v4i2.2397
Nasution, A. A., Lubis, A. F., & Fachrudin, K. A. (2019). Sharia Compliance and Islamic Social Reporting on Financial Performance of the Indonesian Sharia Banks. March. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.96
Nengsih, N. (2015). Peran Perbankan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif di Indonesia. Etikonomi, 14(2), 221–240. https://doi.org/10.15408/etk.v14i2.2272
Sardiana, A., Amalia, A. N., & Puspita, P. (2018). Sosialisasi Dan Pengenalan Keuangan Dan Perbankan Syariah Pada Siswa Tingkat Akhir. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 165–170. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v2i1.110
Wilardjo, S. B. (2019). Peran dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Value Added, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.unimus.ac.id
Published
2021-10-03
Section
Articles