Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Bentuk Pengembangan Bisnis Bagi Masyarakat Desa Sanrobone Kabupaten Takalar

  • Andi Faisal Bahari Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jafar Basalamah Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Sabri Hasan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pemasaran, Kewirausahaan, Pengembangan Bisnis, e-Commerce

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak pada semua aspek kehidupan manusia. Ekonomi belum menyingkirkan dampak teknologi. Teknologi menyediakan berbagai fasilitas untuk ekonomi, yang tidak diragukan lagi sangat mendukung system ekonomi yang ada. Salah satunya adalah peran teknologi dalam bisnis, yang sekarang dikenal sebagai e-commerce dalam mengembangkan bisnis lebih jauh. Di era digital saat ini, kesadaran siswa, terutama di desa-desa terpencil, belum efektif dalam memaksimalkan penggunaan teknologi, dan sebagian besar siswa memiliki smartphone. Meskipun menggunakan akses Internet sangat mungkin bagi seseorang untuk berinteraksi atau bahkan berdagang di dunia teknologi online (Internet), ini dapat menjadi lahan baru bagi wirausahawan muda untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Diharapkan bahwa sosialisasi tim layanan ini dapat menjadi langkah pertama bagi siswa, terutama yang ada di desa, dan menciptakan wirausaha baru. Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk memungkinkan siswa memiliki akun di bidang perdagangan online dan beroperasi secara terpisah.

References

Adams, Joan. (2005). Analyze Your Company Using SWOTs. Supply House Times, September 2005.

Chaffey, Dave. (2009). E-Business and E-Commerce Management : Strategy, Implementation and Practice. England: Pearson Education Limited.

Connolly, Thomas., & Begg, Carolyn. (2005). Database System: A Practical Appoarch to Deign, Implementation, and Management (4th edition.).

United States: Addison Wesley. Constantianus, Frederick. (2006). Produk Dan Jasa

Dalam Kaitannya Dengan Tingkat Kepuasan Konsumen Sebagai Elemen Dalam Sistem Kerja ECommerce. Jurnal Sistem Informasi UKM, Vol 1, No.1, Maret 2006: 27-36.

El-Gohary, Hatem. (2010). E-Marketing- A literature Review from a Small Business perspective. USA: Centre for Promoting Ideas.

Justesen, Susanne. (2006). Gantt Charts And Innovation Management. Innoversity Research. Klerkegade 19.

Liu, Ying. (2007). Multicriterion market Segmentation: A Unified Model, Implementation and Evaluation.Dissertation Doctor of Philosophy With a Major In Management.University of Arizona.

Meyliana. (2010). Analisa Strategi E-Marketing dan Implementasinya (Study Kasus: Perusahaan Retail Garment). Yogyakarta:Seminar Nasional Informatika. UPN Veteran, 22 Mei 2010.

O'Brien, James. A. (2005). Pengantar Sistem Informasi (12th edition). Jakarta: PT Salemba Emban Patria. Rayport, Jeffrey. F., & Jaworski, Bernard.

Published
2019-12-27
Section
Articles