The Financial Technologies Utilization to Increase the Competitive Advantage of Product Marketing

  • Lilis Sugi Rahayu Ningsih Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Lik Anah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
Keywords: Financial Technology, Competitive Advantage, Product Marketing

Abstract

Penelitianini bertujuanuntuh mengetahui pengaruh pemanfaatan financial technology dalam keunggulan bersaing pemasaran produk Pada UMKM Komunitas Mikro GO Nganjuk Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang diperkuat dengan analisis kualitatif. Penentuan sampel sebesar 15% sehingga ditemukan sampel sebesar 37,5 dari jumlah keseluruhan populasi adalah diambil pembulatan 40 responden dengan jumlah keseluruhan populasi adalah 250 responden. Hasil penelitian terdapat pengaruh hasil uji analisis regresi terkait pemanfaatan financial technology dalam keunggulan bersaing pemasaran produk, yaitu dilihat dari uji t sebesar 4,575 dengan nilai signifikansi 0,000. Indikator yang mempengaruhi yaitu, interaksi, data, dan monetasi. Mengkaji pelaku UMKM pada masa pandemic, inovasi dan kreatifitas untuk tetap bertahan. Pinjaman fintech menawarkan alternative pinjaman berbasis online yang mudah, aman dan menyakinkan konsumen. Plaform fintech dikembangkan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen dan produsen dengan ketentuan finter tersebut telah terdaftar dan memiliki ijin beroperasi.

References

Anshari, M., Almunawar, M. N., Masri, M., & Hamdan, M. (2019). Digital marketplace and FinTech to support agriculture sustainability. Energy Procedia, 156(2018), 234–238. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.11.134
Ayeni, A. W., Ogunnaike, O., Ayeni, E., & Iyiola, O. (2021). Harnessing the sustainable competitive advantage of social motivation in the informal market: A West African society insight. Heliyon, 7(7), e07538. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07538
Bharadwaj, S. G., Fahy, J., & Varadarajan, P. R. (2015). Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: a Conceptual Model and Research Propositions. 57(4), 441–443. https://doi.org/10.1007/978-3-319-13248-8_90
Departemen Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017 – 2018. 2. https://www.kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN DATA USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH (UMKM) DAN USAHA BESAR (UB) TAHUN 2017 - 2018.pdf
Ekawati, E., Semmaila, B., & Mangkona, S. (2019). ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KOPTA PAREPAR. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(2), 1-10.
Fitriyani, I. N. S. M. N. F. (2020). STRATEGI MANAJEMEN BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(3), 87–95.
Gai, K. ; M. Q. X. S. (2018). A survey on FinTech. Journal of Network and Computer Applications, 103, 262–273.
Gimpel, H., Rau, D., & Röglinger, M. (2018). Understanding FinTech start-ups – a taxonomy of consumer-oriented service offerings. Electronic Markets, 28(3), 245–264. https://doi.org/10.1007/s12525-017-0275-0
Hong, J., Thakuriah, P. (Vonu), Mason, P., & Lido, C. (2020). The role of numeracy and financial literacy skills in the relationship between information and communication technology use and travel behaviour. Travel Behaviour and Society, 21(August), 257–264. https://doi.org/10.1016/j.tbs.2020.07.007
Kerényi, Á., & Molnár, J. (2017). The Impact of the Fintech Phenomenon – Radical Change Occurs in the Financial Sector? Hitelintézeti Szemle, 16(3), 32–50. https://doi.org/10.25201/fer.16.3.3250
Knudsen, E. S., Lien, L. B., Timmermans, B., Belik, I., & Pandey, S. (2021). Stability in turbulent times? The effect of digitalization on the sustainability of competitive advantage. Journal of Business Research, 128(October 2019), 360–369. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.02.008
Kuik, O., Branger, F., & Quirion, P. (2019). Competitive advantage in the renewable energy industry: Evidence from a gravity model. Renewable Energy, 131, 472–481. https://doi.org/10.1016/j.renene.2018.07.046
Le, M. T. H. (2021). Heliyon Examining factors that boost intention and loyalty to use Fintech post-COVID-19 lockdown as a new normal behavior. Heliyon, 7(October 2020), e07821. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07821
Narto, & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan. Intech, 6(1), 48–54.
Ozili, P. K. (2018). Impact of digital finance on financial inclusion and stability. Borsa Istanbul Review, 18(4), 329–340. https://doi.org/10.1016/j.bir.2017.12.003
Sugiyono, 10. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardianto, Ferdiana, R., & Sulistyo, S. (2019). The role of information technology usage on startup financial management and taxation. Procedia Computer Science, 161, 1308–1315. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.246
Suryono, R. R., Budi, I., & Purwandari, B. (2021). Detection of fintech P2P lending issues in Indonesia. Heliyon, 7(4), e06782. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06782
Vives, X. (2019). Digital Disruption in Banking. Annual Review of Financial Economics, 11, 243–272.
Yao, M., Di, H., Zheng, X., & Xu, X. (2018). Impact of payment technology innovations on the traditional financial industry: A focus on China. Technological Forecasting and Social Change, 135(December 2017), 199–207. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.12.023
Published
2021-09-04
Section
Artikel