Benefits and confidence in the interest of e-banking

  • Ahmad Firman STIE Nobel Indonesia
  • La Ode Amijaya Kamaluddin STIE Nobel Indonesia
Keywords: Benefits, Trust, Interest, e-banking

Abstract

Researchers want to find benefits and trust in the interest in using e-banking. The population in this study were all customers of Bank Sulselbar Makassar Main Branch. The sample technique used accidental sampling with a total sample of 100 respondents. Data were collected through a questionnaire which was distributed directly to the sample. Data analysis using multiple linear regression approach. The results of this study found that the benefits and beliefs have an effect on the interest in using e-banking.

References

Adiwijaya, I. B. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(3).
Afghani, M. F., & Yulianti, E. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi E-Banking Di Bank Bri Surabaya. JBB. Journal of Business and Banking, 6(1).
Agustina, U. I., & Arief, M. (2015). Pengaruh Pe rsepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Study Pada Komunitas Virtual E-Banking BCA). Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(2).
Ahmad, A., & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking(Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Competence. Jurnal Studi Manajemen, 8(1).
Arumi, A., & Yanto, H. (2019). Anteseden Penggunaan Layanan Electronic Banking Di Kalangan Mahasiswa (Sebuah Kajian Technology Acceptance Model). EEAJ. Economic Education Analysis Journal, 8(1).
Chotimah, N. (2019). Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Mobileshopee. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR(Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(1).
Dewi, N. P., Sinarwati, N., & Yuniarta, G. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-BankingPada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal S1, 7(1).
Husna, F. F., & Mustaqim, M. (2020). Pemanfaatan Electronic Banking Bagi Anggota Di KSPPS BMT Binaummat Sejahtera Cabang Tayu. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 4(2).
Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Pt Bank Bni Syariah Kcp Magelang. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(2).
Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Konsumen Sistem Pembayaran Gopay Pada Layanan Gojek. Bongaya Journal Research Management, 2(2).
Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay Di Surabaya Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. AKUNTABEL, 17(2).
Pradana, P. R., & Rahanatha, G. B. (2019). Peran Perceived Usefulness Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(10).
Pranoto, M. O., & Setianegara, R. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat,Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking(Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis Majalah Ilmiah, 8(1).
Rachadika, I. K., & Nasution, M. I. (2002). Pemanfaatan Internet Terhadap Perkembangan Industri Perbankan Pada Bank BCA. Jurnal Al-khianaj, 2(1).
Rizky, N., Yasa, N. P., & Wahyuni, M. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Dalam Bertransaksi Pada Umkm Di Kecamatan Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(3).
Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. JPENSI. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, 3(2).
Sa'diyah, M., & Aziroh, N. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Muslim Pengguna Mobile Banking Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kudus. Jurnal EQUILIBRIUM, 1(1).
Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking Bank BRI di Kantor Cabang Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1).
Yani, E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 5(1).
Published
2021-03-31
Section
Artikel