Aspect Purchasing Decisions at Consumers Lazada: Trust, Price, Tagline

  • Dirwan Dirwan STIE Nobel Indonesia
  • Orfyanny S Themba STIEM Bongaya Makassar
  • Fitriani Latief STIE Nobel Indonesia
Keywords: Trust, Price, Tagline, Purchasing, Decisions

Abstract

Lazada is one of the most popular e-commerce apps in ASEAN, with the most users in Indonesia; of course, it continues to compete with its rivals in attracting customers to make purchases. The purpose of this research is to look into the impact of trust on purchasing decisions, the impact of price on purchasing decisions, and the impact of the tagline on purchasing decisions—a survey method using a questionnaire. The population consists of Makassar Lazada shoppers. The sample size was 96 people, and the method used was random sampling. Descriptive analysis and multiple regression techniques are used in data analysis. A total of 96 people took part in the survey. Descriptive analysis and multiple regression techniques are used in data analysis. Trust, price, and tagline all influenced positive and significant purchasing decisions, according to the findings.

References

Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informa-si Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1).
Chaidir, M., Prakoso, C. T., & Boer, K. M. (2018). Pengaruh Tagline Iklan Yamaha “Semakin Di De-pan”Terhadap Kesadaran Merek Pada Masyarakatkecamatan Samarinda Ulu Di Kota Samarinda. eJournal lmu Komunikasi, 6(1).
Citra, T., Santoso, S. B., & . (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Perce-takan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1).
Derina, D. Y. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House Of Shopaholicdi Bandar Lampung. Jurnal TECHNOBIZ, 3(3).
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(2).
Giovanni, & Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pem-belian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2).
Habibah, U., & Sumiati, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pem-belian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB 17. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1).
Hairi, F., Telagawathi, N. W., & Suarmanayasa, I. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(2).
Hendra, H., & Amin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Lazada.Co.Id. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 4(2).
Hidayat, I., Arifin, R., & Priyono, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga Dan Kualitas Informasi Penggunaan E-Commeceterhadap Keputusan Pembelian Secara Onlinepada Situs Buka-lapak.Com (Studi Pada Mahasiswa S1 Fak.Ekonomi Unisma Angkatan 2013). e –Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 6(3).
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).
Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal EKSIS, X(1).
Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan Versi “Axis Hits Bonus” Dan Brand Ambassadorterhadap Brand Awarenesskartu Axis(Studi Pada Mahasiswa Stie Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1).
Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry, S. (2019). Pengaruh Hargadan Kualitas Produk Terhadap Kepu-tusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1).
Kumala, F. O. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadapkeputusan Pembelian Pe-rumahan Pt.Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 3(2).
Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 139-154.
Malisa, R. K., Sulhaini, S., & Darwini, S. (2019). Analisis Pengaruh Taglinedan Brand Ambassa-dorterhadap Brand Awarenesstelepon Seluler Merek Oppo (Studi Pada Pekerja Kantoran Di Kota Mataram). JRM Unram, 19(2).
Prabowo, E. S., & Wiratno, E. (2019). Analisis Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha, 2(1).
Pratiwi, Y. N., Wardiningsih, S. S., & Sumaryanto, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada (Survei pada Ma-hasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18(4), 567-577.
Priskila, T. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Terpersepsi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Dengan Harga Terpersepsi Sebagai Variabel Pemoderasi(Studi Kasus Pada Shopee Indo-nesia). Business Management Journal, 14(2).
Rahardian, M., Kusumawati, A., & Irawan, A. (2019). Pengaruh Taglineiklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Brand Awarenessdan Minat Beli (Survei pada Mahasiswa program Sarjana pengguna Smartphone OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 75(1).
Sarasdiyanthi, N. A., Mananda, I. S., & Suardana, I. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Airasia Go. Jurnal IPTA, 4(2).
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI Ilmu Penge-tahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1).
Sona, B. A. (2018). Analisis Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Memilih Jasa Pendidikan Sekolah Menengah Atas (Sma). Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 107-114.
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Jurnal Agora, 5(1).
Sukawati, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pem-belianMelalui Internet Di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 1(2).
Themba, O. (2019). Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmiah Bisnis&Kewirausahaan JBK, 8(2).
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Daya Saing. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1), 12-26.
Widyastuti, D. A., & Nugroho, M. R. (2018). Efektivitas Tagline #Dijaminori Terhadap Brand Aware-ness E-Commerce Jd.Id. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 1(4), 211-225.
Wijaya, E., & Warnadi, W. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee: Dampak Dari E-Commerce. Procuratio:Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2).
Yuliawan, E., Siagian, H., & Willis, L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Layananterhadap Keputusan Pembelianpada Online Shopzalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). OPTIMAL : Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(2).
Published
2021-03-20
Section
Artikel