PENGARUH SUNSET POLICY DAN TAX AMNESTY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PERORANGAN

  • Vivianty Vivianty Universitas Muslim Indonesia
  • Darwis Lannai Universitas Muslim Indonesia
  • Mapparenta Mapparenta Universitas Muslim Indonesia
  • Hajering Hajering Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Sunset Policy, Tax Amnesty, Keputusan Wajib Pajak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui sejauh mana pengaruh sunset policy terhadap kepatuhan wajib pajak; (2) Mengetahui sejauh mana pengaruh tax amnesty terhadap kepatuhan wajib pajak. Obyek penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat. Alasan mengambil obyek penelitian ini adalah atas dasar pertimbangan mengetahui kepatuhan wajib pajak perorarangan yang ada di Makassr Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat tahun 2020 adalah 69.973 wajib pajak orang pribadi. Sedangkan sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi yang sekaligus menjadi responden untuk memperoleh informasi. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sunset policy berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi, artinya artinya semakin baik sunset policy maka kepatuhan wajib pajak akan semakin baik. Sehingga penelitian ini menemukan bahwa fasilitas perpajakan adalah kemudahan atau perlakuan khusus terhadap Wajib Pajak tertentu; (2) Tax amnesty berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi., artinya semakin baik tax amnesty maka kepatuhan wajib pajak akan semakin baik. Sehingga penelitian ini menemukan bahwa kesempatan waktu yang terbatas pada kelompok pembayar pajak tertentu untuk membayar sejumlah tertentu dan dalam waktu tertentu berupa pengampunan kewajiban pajak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana. (2014). Perpajakan - Teori dan Peraturan Terkini, Yogyakarta : C.V Andi Offset
Dhea, 2019 “Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi Atas Efektivitas Sistem Perpajakan, Dan Pemahaman Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Terhadap Kemauan Membayar Pajak (Pada Umkm Sektor Perdagangan Di Kabupaten Klaten)”. Jurnal

Dwinta Mulyant, 2016 “Efektifitas Wpop Dan Tingkat Kepatuhan Menyampaikan SPT Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan”.
Fachmi, 2019 “Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dan Wajib Pajak Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pada Bappenda Kabupaten Bogor”. Jurnal
Fajar, 2019 “Pengaruh Pemeriksaan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan Di Surakarta”. Jurnal
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasan, Dahliana. (2009). Sunset Policy Dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Mimbar Hukum, 21(2), hal.295.
Herryanto, Marisa & Agus Arianto Toly. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax & Accounting Review, 1(1), hal.124.

Lebukan, Yosefa. (2011). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh 21 terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 21 pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara.Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.
Mangunsong, Soddin. (2009). Pengaruh Sunset Policy Dalam Penerimaan Pajak Studi Kasus Pada KPP Pratama “X” di Bandung. Jurnal Akuntansi, 1(1), hal.99.
Mansury, R. Pajak Penghasilan Lanjutan. Jakarta, 1996.
Mansury, R. Kebijakan Fiskal. Jakarta, Yayasan Pengembangan dan Penyebaran
Pengetahuan Perpajakan, 1999.
Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Yogyakarta: ANDI.
Musyarofah, S., dan Purnomo, A. 2008. Pengaruh Kesadaran Dan Persepsi Tentang Sanksi, Dan Hasrat Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik. Vol. 5.No.1. Hlm.34-50. Oktober 2008
Nasucha, Chaizi. Reformasi Administrasi Publik : Teori dan Aplikasi, Jakarta,
PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.
Nurmantu, Safri. Pengantar Perpajakan, Jakarta, Granit Kelompok Yayasan Obor
Indonesia, 2005.
Olivia Jessica Yusuf Kastolani, 2017 “Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dan Pemeriksaan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan”.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Nomor 28 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, fungsi Surat Pemberitahuan (SPT).
Rita, 2020 “Pengaruh Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak, Peneriman Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak”. Jurnal
Salamun, AT. Pajak Citra dan Upaya Pembaharuannya. Jakarta, PT. Bina Rena
Pariwara, 1991.
Simanjuntak, Timbul Hamonangan. (2009). Kepatuhan Pajak (Tax Compliance) dan Bagi Hasil Pajak Dalam Perekonomian di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 1(2), hal.9.
Smith, Adam. The Wealth Of Nation. Bantam Books, New York, 2003.
Sumyar. (2004). Dasar-Dasar Hukum Pajak dan Perpajakan. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya

Sugiharty (2016) “Efektifitas WPOP dan Tingkat Kepatuhan Menyampaikan SPT terhadap Penerimaan PPH”. Jurnal
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang KetentuanUmum dan Tata Cara Perpajakan.
Published
2021-08-27
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>