PENGARUH LABA KOTOR, LABA OPERASI, LABA BERSIH DAN KOMPONEN AKRUAL TERHADAP ARUS KAS DI MASA MENDATANG (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei)

  • Fira Lusiana Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsuri Rahim Universitas Muslim Indonesia
  • Fifi Nurafifah Ibrahim Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Laba Kotor, Laba Operasi Bersih, Perubahan Persediaan, Perubahan Utang, Arus Kas

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris mengenai laba kotor, laba operasi, laba bersih, dan komponen akrual terhadap arus kas dimasa mendatang dengan menguji masing-masing variabel. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018. Metode yang digunakan dalam pemilihan objek pada penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 40 sampel persuahaan. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26 for window. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba kotor dan perubahan persedian berpengaruh signifikan terhadap arus kas di masa mendatang sedangkan laba operasi, laba bersih dan perubahan utang tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap arus kas di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, Alifatur Akbar Dan Noor Shodiq Askandar (2019). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang. Journal Universitas Islam Malang : Malang.
Ariani, Dwi Marisca. (2010). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, Dan Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI). Skripsi. Universitas Diponerogo: Semarang
Bachthiar, Nurfadilah. (2019). Akuntansi dasar. Yogyakarta: Cv Budi Utama
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip
Hery. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah I. Jakarta : PT Bumi Aksara.
https://www.sahamu.com/perusahaan-manufaktur-2018-kode-saham-nama-ipo/
Ibrahim, El-Sayed Ebaid. 2011. Accrual and the prediction of furute cash flows: Empirical evidence from an emerging market. Management Research Review. Vol. 34, Iss: 7, Pp. 838-853.
Jusniati (2016). Pengaruh Laba Kotor, Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi Terhadap Arus Kas Operasi Dimasa Depan Pada Perusahaan Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji : Kepulauan Riau
Kasmir. (2012). Analisis laporan keuangan. PT raja grafindo persada ; jakarta.
Koeswardhana, Glory (2020) Analisis Kemampuan Laba Kotor, Laba Operasi, Dan Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta : Jayakarta.
Kusumawardana, Sujono, dan Lestari. Pengaruh Laba Dan Arus Kas Terhadap Kemampuan Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan ( Studi Pada Perusahaan Yang Masuk Dalam LQ 45 Di Bursa Efek Indonesia ). Jurnal Pro Bisnis. Vol. 6, No. 2.
Lam, Nelson Dan Lau. (2015). Akuntansi Keuangan Intermediate Financiall Reporting. Buku 2, Edisi 2, Jakarta; Salemba Empat
19
Lee, C. (2012). Menyusun Laporan Keuangan & Auditing di Excel. jakarta: Elex Media Komputindo.
Maulida Apriyani. (2019). Laba Bersih, Arus Kas Operasi Dan Komponen Akrual Untuk Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta : Surakarta.
Migayana dan ratnawati. (2014). Analisis pengaruh laba bersih dan komponen akrual terhadap arus kas di masa mendatang. Media Ekonomi Dan Manajemen Vol. 29 No. 2 Juli 2014
Najmudin. (2011). Manajemen Keuangan dan Aktualitasi Syar’iyyah Modern. Yogyakarta: ANDI
Published
2021-08-27
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)