Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara

  • Fahji Basyarewan Program Studi Manajemen, Universitas Muslim Indonesia
  • Suriyanti Suriyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Aryati Arfah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari masing-masing pegawai di Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara yang bersedia menjadi responden. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara melakukan penelitian langsung dilapangan dengan memberikan kuesioner/lembar pertanyaan kepada 29 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial, variabel gaya kepemimpinan dan variable disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatrick, Jimy. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Cambai Kota Prabumulih.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu , S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia-Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hertanto, Wahyu Nur. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawanukm Kopi Suroloyo (Studi Kasus pada Karyawan UKM Kopi Suroloyo di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo).
Kartono, Kartini. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lastriani, Elvi. (2014). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Anggota pada Satlantas Polresta Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Volume 11, No. 2 September 2014, 353-367. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putera: Pekanbaru.
Multazam, Jeni Kamase dan Hasbi. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Daya Makassar. Jurnal Tata Kelola, Volume 7 No. 2. Magister Manajemen, Universitas Muslim Makassar.
Narso, Dimas Widya. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Wings Surya Gresik. Branchmark, Jurnal Ekonomi Manajemen. Volume I Issue 3 2015. Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Bhayangkara Surabaya: Surabaya
Permana, Bayu Adi. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman. Skripsi. Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta
Robbins, Stephen P. (2011). Perilaku Organisasi (Alih Bahasa. Benjamin Molan). Edisi Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Sejati.
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo.
Sastrohadiwiryo, Siswanto. (2010). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Novianti, Eva. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Semen Baturaja Palembang. Skripsi. Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi: Palembang.
Surura, Nadratan, Achmad Gani, dan Roslina Alam. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Kerja Karyawan pada PT.Wika Beton.Tbk di Makassar. Paradoks, Jurnal Ilmu Ekonomi. Volume 3 No. 1. Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
Sutrisno, Edy. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suranta, Sri. (2012). Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Karyawan Perusahaan Bisnis. Empirika.Vol 15. No 2. Hal: 116-138.
Published
2021-09-30
Section
Artikel