Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar

  • Awalia Khairunnisa Program Studi Manajemen, Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsu Nujum Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • St Sukmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan, lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja pegawai PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) cabang Makassar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 responden yang telah memberikan informasi dengan menjawab setiap pertanyaan yang diberikan selama penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan pengisian kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, lingkungan kerja, dan stres kerja secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) cabang Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosda karya, Bandung.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Ahmad Prayudi (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap kinerja karyawan PT. Rajawali Nusindo Cabang Medan. Jurnal EMBA.
Amalia Pratiwi Alham (2020). Analisis Stres Kerja, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar. Skripsi.
Edy, Sutrisno. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Handoko, T Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Irawati Syamsuddin (2019). Pengaruh Stres Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar. Skripsi.
Kartini Kartono. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.
Miftah, Thoha (2010). Pembinaan Organisasi, proses dianosa dan intervensi, Manajemen Kepemimpinan. Yogyakarta, Gava Media.
Moeheriono, (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhammad Riski Basalama (2020). Pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. BANK MANDIRI SYARIAH KC TERNATE. Skripsi.
Priana, S. (2015). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada CV. Rezeki Intani Mandiri. Universitas Widyatama.
Putri Nurul Aisyah (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Go-Jek Indonesia. Skripsi.
Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta : RajaGrafindo Persada
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. (2010). Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga
Robbin & Judge. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.
Sedarmayanti. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Sitti Aisyah H. Yunus (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Sarah Cell Sulawesi. Skripsi.
Sondang P, Siagian. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Sofyan, D. K. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pergawai BAPPEDA. Mallikussaleh Industrial Engineering Journal Vol. 2 No.1
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Timangratuogi, W. (2012). Pengaruh Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Sales/Penjualan PT. Indomobil Trada Nasional Cabang Pajajaran Bogor.
Universitas Indonesia.
Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja, Edisi keempat. Rajawali Pers, Jakarta.
Published
2021-09-30
Section
Artikel