Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Maezel Herit Pricella Program Studi Akuntansi, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Nurwanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ramlawati Ramlawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kebijakan Deviden, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa EfekIndonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman periode 2017-2019 yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 perusahaan besar industri Manufaktur makanan dan minuman yang dipilih melalui metode purposive sampling.

Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Profitabilitas berpengaruh Positis dan signifikan terhadap nilai perusahaan; (2) Keputusan Investasi berpengaruh Positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (3) Keputusan pendanaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (4) Kebijakan dividen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augusto, 2015. Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen tehadap nilai perusahaan. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Brigham, Eugene.F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi kedelapan Buku 2. Jakarta: Erlangga.
Darminto. (2010). Pengaruh Faktor Eksternal dan Berbagai Keputusan Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen.Vol 8 No. 1. Hlm. 138-150.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati dan Porter. 2009. Dasar-Dasar Ekonometrika. Salemba Empat. Jakarta Harjito, A. dan Martono. 2013. Manajemen Keuangan. Edisi ke 2.EKONISIA.Yogyakarta.
Harmono, 2009.Manajemen Keuangan Berbasis Balance Scorecard. Pendekatan Teori,Kasus dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnawati, Sri. 2005. Dampak Set Peluang Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta. JAAI 9 (2). Hlm. 117-126.
Hermuningsih, Sri dan Dewi Kusuma. 2009. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan”. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 13 No. 2 Hal 173-178.
Hartati, N., & Fitriyani, F. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(2), 81- 87.
Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Kelima, Jakarta: Rajawali Pers.
Mardiyati, Ahmad, dan Putri (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).Vol. 3, No. 1, 2012. Hlm. 1-17.
Nurhayati, Mafizatun. (2013). Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa.Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol.5 No. 2. Hlm. 145- 153.
Purwitasari, D. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sari, Oktavina Tiara, 2013, Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan, managementAnalysis Journal, No, 2, Vol. 2.Semarang.
Saidi, 2004.“Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ 1997-2002”.Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 11 no. 1, hal44-58.
Septia, 2015. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sofyaningsih, S. dan H. Pancawati. 2011. Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, dan Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan 3 (1): 76-80.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta15.
Susanti, Rika. 2010. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan
Wahyudi, Untung, Hartini Prassetyaning, Pawestri. 2006. Implikasi Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan : dengan keputusan keuangan sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 9, padang.
Widyastuti, Etty., 2004.”Konflik kepentingan manajerial pada pemilihan metode akuntansipersediaan”, Balances, Vol. 1, pp. 1-12
Wijaya dan Wibawa. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 13Purwokerto.
Yuniningsih, 2002, Interdependensi antara Kebijakan Dividend Payout, Financial Leverage, dan Investasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di Bursa Efek Jakarta, Ekonomi UPN Veteran Surabaya.
Published
2021-09-30
Section
Artikel