Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Rezky Ramdani Universitas Muslim Indonesia
  • Nurpadila Nurpadila Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris: (1) pengaruh Likuiditas dengan rasio CR terhadap nilai perusahaan; (2) pengaruh Aktivitas dengan rasio TATO terhadap nilai perusahaan (3) pengaruh profitabilitas dengan rasio ROE terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur makan dan minum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, Uji Parsial (Uji t ) dan Uji Determinasi (R2). Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Aktivitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (3) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, N, S, Yuniarta, G, A, Sinarwati, N,K. 2015. Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Junal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3, No.1.
Antara, S. Sepang, J. Saerang,I,S. 2014. Analisis Rasio Likuiditas, aktivitas, dan Profitabilitas terhadap return saham perusahaan wholesale yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3 hal 902-911.
Adipalguna, I,G,N,S. Suarjaya, A,A,G.2016. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas. Profitabilitas, dam Penilian Pasar Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 di BEI. Jurnal Manajemen Unud. Vol.5. No 12. Hal 7644
Alexander. Nico. & Destriana., N. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham. Jurnal Bisnis dan Akuntansi STIE Trisakti, pp. 123-132.
Abdullah, Faizal. (2002). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi pertama. Cetakan Kedua. Penerbit UMK Press, Malang.
Agus, Sartono (2001). Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Cetakan Pertama. Edisi BFFE, Yogyakarta.
Arief, Sugiono. (2000). Manajemen Keuangan Untuk Praktisi Keuangan. Penerbit PT. Gramedia Wdia Sarana Indonesia.
Alma, Bachari. (2001). Pengertian Bisniss. Cetakan Ketujuh. Alfabeta, Bandung
Anjrawati, Kenti, dkk. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Size dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Indonesia dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal magister manajemen Universitas Diponegoro.
Astuty, Dewi. (2004). Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Ayu, Dea Putri., dan A. A. Gede Suarjaya. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 2, 2017: 11121138.
A.F. Stoner, James dan Edward Freeman (eds). 2006. Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: Pt. Prahalindo.
Atmajaya, Lukas Setia. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi. 2003.
Ang, 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Media Staff Indonesia. Jakarta.
Apitasari. W.R dan H.W. Oetomo. 2013. Pengaruh Financial Leverage, ITO,WCTO, terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Farmasi Swasta. Jurna Ilmu dan Riset Manajemen 2(12);1-16.
Abrar Oemar, SE, dkk. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusuan Pendanaan, Keputusuan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014). Journal Of Accounting, Vol2,N0 2.
Bamaisyarah,R,Y. Fuadati,S.R .2017. Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, dan Ukuran perusahaan terhadap Profitabilitas Perusahaan Pertambangan di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6. No.3. hal 3- 4.
Brigham dan Houston, (2009). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.
Chasanah,A,N. Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2017. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Hal 43.
Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), h: 358-372.
Dwi Retno, Wulandari (2013). pengaruh Profitabilitas, Operating Leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Djawarto, 2004. Pokok-pokok Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.
Dewan Standar Akuntansi Keuangan, (2004). PSAK No. 45 (revisi 2011): Pelaporan keuangan Entitas Nirlaba. Jakarta: IAI.
Darmayanti N P A., dan Sudiani N K A, 2016. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity SEI Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Unud. Vol5,No.7. Hal 4566
Estate dan Property di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. URL : http://dinus.ac.id.
Published
2021-08-27
Section
Artikel