Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bumi Sarana Beton Kota Makassar

  • Nur Rahmah Indah Iskandar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsu Nujum Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ajmal Ajmal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Stress Kerja, Beban Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh stress kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PT. Bumi Sarana Beton Kota Makassar. Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat variable apa yang memiliki dominan paling besar terhadap kinerja karyawan pada PT. Bumi Sarana Beton Kota Makassar. Digunakan persamaan regresi linier berganda pada data yang diperoleh dari kuesioner yang telah disebar kepada 58 orang dengan menggunakan persamaan Slovin. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji t, uji F, dan uji Hipotesis menunjukkan adanya pengaruh terhadap kinerja karyawan dari variabel stress kerja dan beban kerja. Variabel beban kerja memiliki dominan yang tinggi terhadap kinerja karyawan PT. Bumi Sarana Beton Kota Makassar.  Nilai R square yang diperoleh adalah 0,255 atau 25,5% hal ini menunjukan bahwa variabel kinerja karyawan pada penelitian ini dapat dijelaskan oleh variabel stress kerja dan beban kerja. Sehingga penelitian selanjutnya sebaiknya menambah jumlah variabel baru selain yang digunakan pada penelitian ini agar memiliki hasil yang lebih maksimal untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldy Pambudi Wicaksono. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Depot LPG Balongan PT. Pertamina (Persero). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. 2017
Andi Ainun. Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap KInerja Karyawan pada PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia. 2020
Anggit Asianto dan Heru Supriadi. Pengaruh Stres Kerj dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Malang. 2014
Anwar Prabu Mangkunegara. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.
As' ad, A. (2018). Pengaruh Perencanaan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 165-182.
Almasitoh, U. H. (2011). Stres kerja ditinjau dari konflik peran ganda dan dukungan sosial pada perawat. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(1).
Baron dan Greenberg. (1990) Stres Kerja:Latarbetakang Penyebab dan Alternatif Pemecahannya. 246-248
Dhania, D. R. (2010). Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja (Studi terhadap Medical Representatif di kota Kudus). Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(1), 15-23.
Edy Sutrisno, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Ekawarna, (2018). Manajemen Konflik dan Stres. Bumi Aksara, Jakarta.
Fitriani, D. (2018). Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Pontianak. CogITo Smart Journal, 4(1), 171. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.110.171-187
Hermita. (2011). PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT . SEMEN TONASA ( PERSERO ). Universitas Hasanuddin.
Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation, 7th Edition. Pearson.
Mathis Robert, John Jackson, (2006). Human Resource Management. Edisi kesepuluh, Salemba Empat. Jakarta
Mangkunegara, 2012. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Penerbit: Ghalia Medan, Jakarta, Yogyakarta, Tahun 1975.
Nasir, M., Taufan, R. R., Fadhil, M., & Syahnur, M. H. (2021). Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. AkMen JURNAL ILMIAH, 18(1), 71-83.
Rolos, J. K. R., Sambul, S. A. P., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 19–27.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta.
Sumadi Suryabrata, (1987). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Wibowo, (2016). Manajemen Kinerja. Edisi kelima, Rajagrafindo Persada, Jakarta. Wirawan, (2016). Konflik dan Manajemen Konflik. Salemba Humanika, Jakarta.
Published
2020-09-02
Section
Artikel