Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Food And Beverage di Bursa Efek Indonesia)

  • Nerisda Fajar Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amiruddin Amiruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Arsyad Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Corporate Social Responsibility, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility  terhadap profitabilitas perusahaan. (2) Untuk Mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan food and beveragedi Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 28 Perusahaan. Jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Corporate Social Responsibilityberpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. (2) Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. R., & Santoso, B. H. (2019). Pengaruh Perputaran Persediaan, Perputaran Kas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Retail. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.
Ernawan, E. R., Manajemen, P. S., & Pasundan, U. (2016). Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) dalam Perspektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian, 6(2), 155–173.
Iskandar. (2016). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility terehadap Profitabilitas Perusahaan. Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 76–84. https://www.neliti.com/publications/55318/pengaruh-penerapan-corporate-social-responsibility-terhadap-profitabilitas-perus
Mudah, K. M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Sales Growth Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. 9.
Ningsih, A. T., & Cheisviyanny, C. (2019). Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility PT. Bukit Asam, Tbk berdasarkan Global Reporting Initiatives (GRI) dan Kaitannya dengan Proper. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 846–864.
Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner, 4(1), 95.
Putri, F. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Indeks SRI-KEHATI yang Listing di BEI Periode 2010-2012). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 13(1), 83743.
Rahmadhanti, F. U. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Perdagangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 2(2), 10–12.
Ridwan, M. D. P. S. W., & Novianty, I. R. A. (2017). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Terhadap Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). 1124–1134.
Rosdwianti, M. K., Moch.Dzulkirom, A., & Z.A Zahroh. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 16–22. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Sahruni, V. F., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh Corporate Social Responbility , Ukuran perusahaan dan Sales Growth Terhadap Profitabilitas. Sahruni, Vindah Febryana Wahyuni, Dewi Urip, 8.
Septiani, K. A., Prabawani, B., & Widayanto. (2016). Aktivitas Corporate Social Responsibility ( CSR ) dan Publisitas Media : Dampaknya terhadap Citra Perusahaan dan Minat Beli ( Studi Kasus : Konsumen Aqua Kelas Menengah ke Atas di Kota Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1).
Sukadana, I. K. A., & Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage Bei. Sukadana, I Ketut Alit Triaryati, Nyoman, 7(11), 6239.
Supadi, Y. M., & Sudana, I. P. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Sektor Pertambangan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 1165.
Tarmizi, R., & Kurniawati, R. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Perputaran Total Asset Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. 14(1), 55–64.
Virgadinda Anindita, E. (2019). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas. Majalah Sainstekes, 6(2), 54–64.
Wijayanti, S. A. (2018). Analisis Pengaruh Likuiditas, Perputaran Modal Kerja, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI).
Wulandari, U., Siddik, S., & Widiyanti, M. (2019). The Influence of Corporate Social Responsibility Disclosure, Leverage, Sales The Influence of Corporate Social Responsibility Disclosure, Leverage, Sales Growth, and Industry Type on Profitability in Manufacturing Companies Listed at Growth, and Industry . 18–31. https://doi.org/10.32602/jafas.2019.1
Wuwur, A. B. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan : Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industir Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. 5(September), 1–9.
Zulaika, T., & Sihombing, G. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi Dan Governance Andalas, 2(2), 135–165.
Published
2020-09-27
Section
Artikel