Pengaruh Investment Opportunity Set dan Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan dengan Dividend Payout Ratio sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Distri Karunia Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Asriani Junaid Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Hartati Hairuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Debt to Equity Ratio, Divident Payout Ratio, Investment Opportunity Set, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Investment Opportunity Set dan Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan denganDividend Payout Ratio sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman periode 2017-2019 yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah sepuluh perusahaan industri Manufaktur makanan dan minuman yang dipilih melalui metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara langsung Investment Opportunity Set(IOS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dan nilai perusahaan. Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Selain itu Debt to Equity Ratio(DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. SedangkanDividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara tidak langsung Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan melaluiDividend Payout Ratio (DPR). Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan melaluiDividend Payout Ratio (DPR).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abigael K,Ika Veronica dan Ardiani Ika S.2008. Pengaruh Return On Asset, Price Earning Ratio, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio, Price to Book Value Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Dalam Jurnal SOLUSI, Volume 7 No.4. Hal 75-90 Semarang: Universitas Semarang
Achmad, S. L., & Amanah, L. (2014). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9).
Ady, S. U. (2016). Eksplorasi tingkat efisiensi pasar modal Indonesia studi kasus di Bursa Efek Indonesia.
Alamsyah, A. R. (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, dan IOS terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 9-16.
Annisa, R., & Chabachib, M. (2017). Analisis Pengaruh Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Assets (ROA) Terhadap Price To Book Value (PBv), Dengan Dividend Payout Ratio Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 188-202.
Artha, D. R., Achsani, N. A., & Sasongko, H. (2014). Analisis fundamental, teknikal dan makroekonomi harga saham sektor pertanian. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 16(2), 175-184.
Ayuningtias, Dwi dan Kurnia. (2013). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Antara. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 3(1): h: 37-57
Bernandhi, Riza. (2013). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. (2001). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Buku Kedua. Salemba Empat Jakarta.
Christiawan, Y. J. Dan J. Tarigan. (2007). Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang, Kinerja, dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 9(1): 1-8.
Dwi Kurniati, T. Y. A. S., & Wuryani, E. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Investment Opportunity Set, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Unesa, 7(3).
Fahrizal, H. (2013). Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) Dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).
Farisah, N. (2015). Pengaruh Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Sektor Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di BEI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Fauziyanti, W., & Astuti, E. P. (2018). Pengaruh DER Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik), 10(2), 58-74.
Fitri, N. E., & Herlambang, L. (2016). Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Likuiditas Terhadap Return Saham Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2011–2014. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 3(8), 625.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Dyah. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hanif, M., dan Bustaman. (2017). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Assets, dan Earning per Share terhadap Devidend Payout Ratio (Studi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI 20011-2015). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Akuntansi (JIMEKA) :73-81.
Harrison, dkk. (2012). Akuntansi Keuangan. Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Harrison, dkk. (2013). Akuntansi Keuangan. Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hariyanto, M. S., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh struktur kepemilikan, IOS, dan ROE terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverage. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3).
Haryadi, E. (2016). Pengaruh Size perusahaan, Keputusan Pendanaan, Profitabilitas Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. JAK (Jurnal Akuntansi): Kajian Ilmiah Akuntansi, 3(2).
Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh profitabilitas, growth opportunity, struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan publik di Indonesia. Buletin ekonomi moneter dan perbankan, 16(2), 127-148.
Jensen, Michael C. (1986). Agency Costs of Free Cash Flow, Corporate Finance, and Takeovers. American Economic Review, 76(2), pp: 323-329.
Jensen, M. and Meckling, W., (1976), Theory of the Firm : Managerial Behavior Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Finance Econmics 3, pp. 305-360.
Jusriani, I. F., & Rahardjo, S. N. (2013). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009–2011) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Kadir, Abdul. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen pada Perusahaan Credit Agencies Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 11 No. 1. Banjarmasin : STIE Indonesia
Kurnia, D. (2017). Analisis signifikansi leverage dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan. JAK (Jurnal Akuntansi): Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).
Maharsi, A. V. N., Puryandani, S., & Kristanto, R. S. (2017). Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2011-2013 di BEI. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 39-49.
Marina, T. (2017). Pengaruh Langsung Dan Tidak Langsung Dalam Model Persamaan Struktural Dengan Metode Partial Least Square (PLS).
Nareshwari, N., Chabachib, M., & Mahfud, M. K. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Dividend Payout Ratio sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Nofrita, R. (2013). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 1(1).
Nugroho, A., Wahono, B., & ABS, M. K. (2017). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Assets Dan Return On Equity Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Empiris Pada Perusahaan Real-Estate Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(06).89
Pradana, S. W. L dan I. P. S. Sanjaya. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI). Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 17 Mataram. Lombok.
Prapaska, Johan Ruth Dan Siti Mutmainah. (2012). Analisis Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2009-2010. Diponegoro Journal of Accounting Vol. 1, No. 1
Prasetio, D. A., & Suryono, B. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, Investment Opportunity Set Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(1).
Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen, 5(2).
Purnamasari, Siti Rahmah. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2013. Diakses melalui http://repository.widyatama.ac.id
Rika, Susanti. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Tehadap Nilai Perusahaan. Skripsi. UNDIP
Rosdini, Dini. (2009). Pengaruh Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio. Working Paper In Accounting and Finance
Sambora, M. N. (2014). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2009–2012). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2).
Sampurna, C. D., & Widyarti, E. T. (2015). Pengaruh Investment Opportunity Set, Debt to Equity Ratio, Growth, Earnings Per Share, Total Assets Turnover Terhadap Dividend Payout Ratio (pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEI Periode 2011-2013). Diponegoro Journal of Management, 474-488.
Sari, K. H. W. (2015). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Sartono, Agus. (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta:BPFE
Senata, M. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Pada Indeks Lq-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 6(1), 73-84.
Septia, A. W. (2015). Pengaruh profitabilitas, keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta, Skripsi.
Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(2), 757-785.
Sriwahyuni, U., & Wihandaru, S. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010-2014. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 84-109.
Suartawan, I. G. N. P. A., & Yasa, G. W. (2016). Pengaruh investment opportunity set dan free cash flow pada kebijakan dividen dan nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 11(2), 63-74.
Subramanyam, K. R. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.
Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudiani, N. K. A., & Darmayanti, N. P. A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7).
Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sumanti, J. C., & Mangantar, M. (2015). Analisis kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).
Susanti, Rika. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
Syam, D. W., & Blsnls, F. E. D. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhl Nilal Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesla Periode 2017-2019.
Tampubolon, B., & Doloksaribu, A. (2011). Pengaruh Faktor Fundamental dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Harga Saham Emiten Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas HKBP Nomensen).
Weston, J. Fred dan Copeland, Thomas E. (2001). Manajemen Keuangan Jilid I. Edisi ke-9. Jakarta : Binarupa Aksara.
Wijaya, Bayu Irfandi dan I.B. Panji Sedana. (2015). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(12), hal.4477-4500.
Wijaya, R.L.P. dan B.A.Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 13 Purwokerto.
www.idx.com
Yasa, K. D. M., & Wirawati, N. G. P. (2016). Pengaruh Net Profit Margin, Current Ratio, dan Debt to Equity Ratio pada Dividend Payout Ratio. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(2), 921-950.
Yolanda, S. (2019). Pengaruh Net Profit Margin, Price Book Value, dan Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Doctoral dissertation).
Yuniati, M., Raharjo, K., & Oemar, A. (2016). Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang Profitabilitas Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014. Journal Of Accounting, 2(2).
Published
2021-08-27
Section
Artikel