Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, Kualitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Merek

  • Nuzmerini Rauf Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Universitas Muslim Indonesia
  • Ratna Dewi Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kepercayaan Merek, Kualitas Merek, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Loyalitas Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kepercayaan Merek, Citra Merek, Kualitas Merek terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Merek pada Konsumen Jco Donuts & Coffee Mall Gorontalo. Data dalam penelitian ini adalah primer dimana data tersebut diperoleh secara langsung oleh peneliti dengan cara membagikan kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengkonsumsi JCO atau Membeli produk Jco Donuts & Coffee di Mall Gorontalo dengan jumlah sampel 125 responden. untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan Analisis korelasi dan regresi merupakan dasar dari perhitungan digunakan jasa komputer berupa software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayaan merek, Kualitas merek, Citra Merek secara langsung mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan merek, Kualitas merek, Citra merek dan Keputusan pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek. Kepercayaan merek, Kualitas merek, dan Citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek melalui keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta Selatan
: Salemba Empat
Afzal, Hasan et. Al. 2010. Consumer ‘s Trust in a Brand : Can it Be through Brand Reputation, Brand Competence, and Brand Predictability.
International Business Research, Vol. 3
Ahmed, Zohaib et al. (2014). “Effetct of Brand Trust and Customer Satisfaction On Brand Loyalty In Bahawalpu”. Journal Of Sociological Research, Vol. 5, No.1.
Ahsan Jamal Baig, Abdul Rahim Batavia., 2014
“Impact of Customer Brand Trust, Brand Loyalty of sting energy drink with special focus on in Karachi”. Journal of Business and Journalism. Vol.6, No.37
Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Anber Abraheem Shlash Mohammad., 2012 “The Effectof Brand Trust and Perceived Value in Building Brand Loyalty”. Journal of Finance and Economics. issue 85
Arlan Tjahyadi, Rully. 2006. “Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan Merek.” Jurnal Manajemen, Vol. 6,No.1
Ayesha Anwar, Amir Gulzar, Fahid bin Sohail, Salman Naeem Akram., 2011 “impact brand image, trust and affect on consumer brand extension attitude:the mediating roleof brand loyalty”.Journal of management. Pp 73-7
Delgado, E., Muneura, J.L 2005. Does brand trust Matter to Brand Equity, Journal of product and Brand Management, Vol. 14 No. 3, pp. 187-196
Dessy Amelia Fristiana, Apriatni Endang Prihatini, Sari Listyorin. 2012. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada ramai Swalayan Peterongan Semarang, Vol 1 No.1
Durianto.,Darmadi.,Sugiarto.,Tony Sitinjak.2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ferinnadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta Graha Ilmu
_________________(2007). Pengaruh Threat Emotion konsumen dan Brand Trust pada Keputusan Pembelian Produk susu Anlene di Surabaya, Vol. 1 No 2, pp.
Fatih and Zengi, Hayrettin. 2013. “The Relationship between Brand Trust, Brand Affect, Attitudinal Loyalty and behavioral Loyalty : a field study towards Sports Shoe Counsumer in Turkey”. International Journal pf Marketing Studies: Vol. 5. No. 2:2013.
Hair,oseph F Jr., William C. Black., Barry J.Babin.,Rolph E. Anderson., Ronald L.Tatham.2006. Multivariate Data Analysis. 6th.New Jersey : Prentice Hall
Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta : Esensi Erlangga Group.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip, dan G Amstrong.2002. Prinsip Dasar Pemasaran, edisi 2, Erlangga,Jakarta.
Kotler,Philip. 2002.Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta.Salemba Empat
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, 11thEdition. Prentice Hall
Int’l, New Jersey,. 138
Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks., New Jersey.
Kotler., Philip., Keller., Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Edisi Erlangga
Kotler., Philip and Keller, Kevin Lane (2013), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Erlangga.
Malhotra.2009.Riset Pemasaran. Pengumpulan data mengenai sampel. Edisi keempat,Jakarta: Indeks
Mudrajad Kuncoro. 2009. Membuat Perencanaan Penelitian,
http://anhyfreedom.blogspot.co.id/2012/12/proposal.penelitian.pengaruh keahlian 554.html,di akses 01 Desember 2012
Mukhtar Akmed., Allah Rakha Sandu., M Zulkarnain., Tahir Imran Gulzar., 2011 “Faktor dibalik Loyalitas Merek, mengembangkan dan mengusul model konseptual”. Journal Of Management.
Muhammad Ahmad Fawad Sheikh., Muhammad Ahsan Fawad Sheikh., 2014 “The role of brand and Company image building brand Loyalty through service quality and brand trust”. Journal of Sociological Research, Vol. 5, No.1
Nischay K Upamannyu DR., ChandaGulati., GarimaMathur., 2014 “Effect brand trust, brand imagege on consumer brand extension attitude the mediating role of brand loyalty”. Journal marketing., Vol.2, No 2
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson.2000. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2.Edisi 4. Jakarta : Erlangga
Philip Kotler, 2005, Mananjemen Pemasaran, Jilid I dan II, PT.Indeks, Jakarta
Sadat, M Andi. (2009). Brand Belief: Strategi Mmebangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta : Salemba Empat.
Setiadi, J. Nugroho (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media
Setiawan. 2007. Analisis Pengaruh Kegiatan Pemasaran Terhadap Ekuitas Merek Pada Customer. Jurnal. Usahawan. No. 4 h 1-3
Simamora, Henry. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 2. Yogyakarta: STIE YKPN
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :
Alfabeta
Tjiptono,Fandy.2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta
Yudhi Soewito., (2013) “Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntasi., Vol 1, No 3
Published
2019-10-31
Section
Artikel