Pengaruh Kompetensi, Sistem Otomasi Perpustakaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pustakawan Sekolah Dasar dan Menengah

  • Ilham Ilham Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kompetensi, Lingkungan kerja, Otomasi, Perpustakaan, Kinerja, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi, sistem otomasi perpustakaan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pustakawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 pustakawan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner Data dianalisis melalui uji validasi, reliabilitas, asumsi klasik dengan metode analisis regresi linier berganda menggunakaan Aplikasi IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kompetensi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kinerja pustakawan. Variabel otomasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pustakawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anah, Sri. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan STAIN Kudus Berbasis Teknologi informasi. Kudus, STAIN Kudus.
Bagus, Kisworo. 2012. Hubungan Antara Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sanggar Kegiatan Belajar Eks Karasidenan Semarang Jawa Tengah.Yogyakarta, UNY
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Ginanjar, Rodi Ahmad. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Karyawan pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor, Ghalia.
Perpustakaan Nasional RI. 2007. Undang-undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Indonesia. Jakarta, Perpustakaan Nasional RI.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Supriyanto. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta, Kanisius.
Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta, Rajawali Pers.
Wibowo. 2011. Budaya Organisasi : Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta, Rajawali Pers
Published
2019-10-31
Section
Artikel