Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Manajemen

  • Andi Arham Anwar Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran : produk, harga, lokasi, orang, pelayanan, Proses dan bukti fisik) terhadap Keputusan mahasiswa memilih jurusan Manajemen. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi 1200 orang mahasiswa Jurusan Manajemen UMI, Unismuh, YPUP dan STIEM Bongaya di Kota Makassar. Jumlah sampel adalah sebanyak 120 mahasiswa dari masing-masing jurusan. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel bauran pemasaran (Produk, Tempat, Promosi, Proses, Orang, dan Bukti Fisik) berpengaaruh terhadap keputusan mahasiswa untuk memilih jurusan Manajemen. Sedangkan variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa untuk memilih jurusan manajemen di Kota Makassar. Dari semua variable yang digunakan, variabel produk merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan calon mahasiswa dalam memilih jurusan manajemen pada perguruan tinggi di Kota Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. dan Hurriyati, R. 2008. Manajemen Coporate Strategi & Pemasaran Jasa Pendidikan (Fokus pada Mutu dan Layanan Prima). Bandung. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Edisi Revisi Cetakan Kedelapan Rineka Cipta : Jakarta.
Churchill, Gilbert A. Jr, 2002, Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Penerbit Erlangga Jakarta
Djarwanto, 1996, Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian, Penerbit Liberty : Yogyakarta.
Engel, James F, dkk. 1995. Prilaku konsumen. Diterjemahkan oleh Budiando. Jakarta: Bina Aksara.
Gitosudarmono, Indriyo. 1999. Manajemen Pemesaran: Edisi Pertama. BPFE : Yogyakarta.
Hurriyati, Ratih 2009. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung Alvabeta
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Ahli Bahasa Bob Sadran. Jakarta. Erlangga. Edisi 13.

Kotler, Philip. dan Gary, Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Ditermahkan oleh: Alexander Sindoro, Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.
___________. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid I. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.
____________. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I Edisi XII. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Ma’ruf, H. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta. P.T Gramedia Pustaka Utama.
Marshall, Greg W dan Mark W. Jhonston. 2010. Marketing Management. New York. McGraw-Hill

Mowen,John C & Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kelima, Alih Bahasa: Lina Salim, Jakarta: Penerbit Erlangga
Payne, Andrian. 2000. Pemasaran Jasa. Alih Bahasa Fandy Tjiptono. Jakarta: Penerbit Andi.
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Diterjemahka oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
____________ 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Jakarta. Salemba Empat.
_____________2007. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
Simbolon, Yulia Kristina & Marhayani. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program S1 Universitas Sumatra Utara. Jurnal Pendidikan Bisnis & Ekonomi Vol. 1-12.
Sunarto. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit AMUS dan UTS Press
Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Swastha DH, Basu dan Ibnu Sukotjo W. 2002. pengantar Bisnis Modern. Edisi 3. Liberty : Yogyakarta
Sweeney,J.C. 2008. Cognitive Dissonance After Purchase: A Multidimensional Scale, Journal of Psycology & Marketing.
Tjiptono. 2007. Pemasaran Jasa. Malang. PT. Bayu Media Publishing.
_______.2008. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andy Offset : Yogyakarta.
Published
2019-10-31
Section
Artikel