Determinan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

  • Syamsuddin Syamsuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi di perguruan tinggi negeri dan swasta dikota Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer yang melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Hasanuddin dan Universitas Muslim Indonesia dengan jumlah sampel 88 responden. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable kecerdasan intelektual dan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pemahaman akuntansi, dan perilaku belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): berdasarkan 6 rukun Iman dan 5 rukun Islam. Arga Wijaya Persada

Ariantini, K. M. Sujana, Edi. dan Herawati, Nyoman Trisna. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Membaca terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengen Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Andriani, D. (2018). Peran Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Untuk Meningkatkan Kinerja Sdm Yang Optimal Melalui Kepuasan Kerja (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi UNISSULA).

Aziza, N., & Rissyo Melandy, R. M. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 17-19.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

Durgut, Mehmet, Bilal Gerekan, and Abdulkadir Pehlivan. (2013). The Impact of Emotional Intelligence on the Achievement of Accounting Subject. Jurnal of Business and Social Science, 4(13).

Hariyoga, Septian dan Suprianto, Edi. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emocional, Perilaku Relajar, dan Budaza Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri sebagai Variable Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi XIV.

Gardner, H. (1983). Frames of mind. London: St Edmundsbury Press.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama.

Junifar, N. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(10), 1-20.

Mawardi, I. (2013). Pendidikan Islam transdisipliner dan sumber daya manusia Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 28(2), 253-268.

Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Universitas Jember.

Parauba, I. (2014). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas sam ratulangi manado. GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 9(2).

Purwanto, Ngalim. (2003). Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Rachmi, F. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akutansi: Studi Empiris pada Mahasiswa Akutansi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi, universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Yogyakarta.

Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.(Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNTAG Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 31(1).

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Suwardjono, D. (2004). Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Makalah Seri Pendidikan, Yogyakarta.

Trihandini, R. F. M. (2005). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Horison Semarang) (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Trisnawati, E. I., & Suryaningrum, S. (2003). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.

Yani, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Pendidikan. Universitas Riau.

Yustiarti, F., & Hasan, A. (2016). Pengaruh konflik peran, ketidakjelasan peran, dan kelebihan peran terhadap kinerja auditor dengan kecerdasan emosional sebagai pemoderasi (studi empiris pada kap di pekanbaru, padang dan medan). Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), 5(1), 12-28.

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.

Published
2019-09-30
How to Cite
Syamsuddin, S. (2019). Determinan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. ATESTASI : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 148-160. https://doi.org/10.33096/atestasi.v2i2.332
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)