Efektifitas dan Kontribusi Penagihan Pajak dengan Surat Paksa dan Surat Teguran dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat

  • Indri Aulia Ilham Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Penerimaan Pajak, Surat paksa, Surat teguran, Efektifitas

Abstract

Fokus penelitian ini meneliti tentang bagaimana efektivitas dan kontribusi penagihan pajak dengan surat paksa dan surat teguran dalam meningkatkan penerimaan pajak pada kantor kpp pratama makassar utara. Tujuan penelitian ini untuk melihat kefektifan penerimaan pajak didasarkan pada penagihan dengan surat paksa dan surat teguran. Penelitian ini menggunakan datra sekunder yaitu pelaporan penerimaan pajak dari tahun 2016 sampai 2018, dengan metode analisis deskriptif dengan menggunakan rasio efektivitas. Hasil penelitian menujukkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Paratama Makassar Barat untuk meminimalisir agar tidak diterbitkannya surat paksa yaitu dengan mengirimikan SKP (Surat ketetapan pajak) dan STP (Surat Tagihan Pajak) kepada wajib pajak (WP) yang memiliki tunggakan pajak diatas 100 juta. Dua surat itu nantinya akan dikirim oleh pihak penagihan Kantor Pelayanan Pajak Paratama Makassar Barat melalui kantor post ke alamat wajib pajak

References

Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Erwis, Nana Adriana. 2012. Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Ilyas, Wirawan B. 2007. Hukum Pajak. Jakarta: Salemba Empat
------------2010, Panduan Komprehensif dan Praktis Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.
------------2010, Ensiklopedia Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Keputusan Menteri Keuangan No.13/KMK.01/2002 -----------
Keputusan Menteri Keuangan No.235/KMK.03/2003 -----------
Keputusan Menteri Keuangan No.561/KMK.04/2000
Mardiasmo. 2009. Perpajakan,Edisi Revisi. Yogyakarta :
Andi Offset. -----------2011. Perpajakan,Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi Offset. -----------2012.
Perpajakan, Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi Offset.
Pemerintah RI. 1997. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1997 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa, Pemerintah RI, Jakarta. -----------2000.
Undang-undang No.19 tahun 2000 Tentang Penagihan Pajak Dengan Surat Paksa, Pemarintah RI, Jakarta.
Rahma, Aldila Laila. 2010. Analisis Efektifitas Penagihan Dengan Surat Paksa Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Keputusan Menteri Dalam Negeri NO.690.900.327 Tahun 1996 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Keuangan. Ritonga, Pandapotan. 2012.
Pengaruh Penagihan Pajak dengan Surat Paksa Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Skripsi. STMIK Triguna Dharma. Medan.
Rusjdi, Muhammad. 2007. Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Jakarta : PT. Indeks.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Derlina Sutria. 2013. Efektivitas Penagihan Tunggakan Pajak Dengan Menggunakan Surat Paksa Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Skripsi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Velayati, Mala Rizkika. 2013. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Tindakan Penagihan Pajak Aktif dengan Surat Teguran dan Surat Paksa sebagai upaya Pencairan Tunggakan Pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu Tahun 2010-2012). Skripsi. Universitas Brawijaya.
Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia Buku II. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2021-01-30
How to Cite
Ilham, I. (2021). Efektifitas dan Kontribusi Penagihan Pajak dengan Surat Paksa dan Surat Teguran dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat. RESTITUSI : Jurnal Riset Perpajakan, 1(1). Retrieved from http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/RESTITUSI/article/view/660
Section
Articles