Pengaruh Investasi, Inflasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Parepare

  • Andi Sopian Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Mansyur Ramly Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Arifin Arifin Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Investasi, Inflasi, Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Investasi, Inflasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Hipotesis penelitian menggunakan basis teori/konsep, didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mempunyai kesamaan variabel. Penelitian ini dilakukan di Kota Parepare. Jenis data yang digunakan adalah data Sekunder. Data yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 10 tahun. Menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi data linear berganda berbantuan Eviews untuk analisis data. Hasil penelitian menemukan bahwa Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Parepare, Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Parepare. Tenaga Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Parepare.

References

Azizah, E. W., Sudarti, S., & Kusuma, H. 2018. Pengaruh Pendidikan, Pendapatan Perkapita Arsyad, L. (2010) Ekonomi Pembangunan. Edisi ketiga, Penerbit BP STIE YKPN, Yogyakarta.
Astuti, W. A., Hidayat, M., & Darwin, R. (2017). Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Pelalawan. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 7(2), 140-147
Christea, F., Mukhlis, I. (2016). Ekonomi Pembangunan: sebuah kajian teoretis dan empiris. Malang: Lembaga Penerbitan Universitas Kanjuruhan Malang.
Dita, Dewi. (2017). Pengaruh Inflasi, Jumlah penduduk dan Kenaikan Upah Minimum Terhadap Pengangguran Terbuka Di Provinsi Banten Tahun 2010-2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dornbusch, R., Stainley, F., Richard, S. (2008). Makroekonomi. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT Media Global Edukasi.
Jhingan, M. L. (2012), Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan Cetakan ke Empat Belas, Penerbit PT Raja Grafidon.
Kuncoro, M. (2013). “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ningsih, D., & Sari, S. I. (2018). Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(1), 21-31.
Subandi. (2011). “Ekonomi Pembangunan (cetakan kesatu)”. Bandung: Alfabeta
Sukirno, S. (2016), Makroekonomi Modern, Jakarta: Rajawali Pers.
Todaro, M.P., Smith., S.C. (2011). Pembangunan Ekonomi. Edisi Kedua belas. Jakarta: Penerbit Erlangga
Wiriani, E. (2020). Pengaruh Inflasi dan Kurs terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomika, 4(1), 41-50.
Published
2021-07-15
How to Cite
Sopian, A., Ramly, M., & Arifin, A. (2021). Pengaruh Investasi, Inflasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Parepare. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 573 - 582. Retrieved from http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/856
Section
Articles