Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan

  • Muhammad Ridwan Manulusi Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Bahar Sinring Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • A.M. Hasbi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: PAD, DAU, DAK, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Hipotesis penelitian menggunakan basis teori/konsep, didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mempunyai kesamaan variabel. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis data yang digunakan adalah data Sekunder. Data diperoleh dengan melakukan dokumentasi. Data yang didapat bersumber dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Selatan dari tahun 2015-2019. Metode Analasis menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi data panel berbantuan RStudio 4.0.4 untuk analisis data. Hasil penelitian menemukan bahwa Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Dana Alokasi Umum berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

References

Badan Pusat Statistik. 2020. Sulawesi Selatan Dalam Angka 2020.
Bappenas. (2011). Analisis Perspektif, Permasalahan danDampak Dana Alokasi Khusus (DAK). White Paper.
Santosa, B. 2013. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Daerah terhadap Pertumbuhan, Pengangguran, dan Kemiskinan 33 Provinsi di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Universitas Trisakti Jakarta.
Siagian, E. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi DI Yogyakarta Tahun 2010-2016. Yogyakarta: UNY.
Siswiyanti, P. (2017). Pengaruh Pad, Dau, Dak Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dengan Belanja Modal Sebagai Variabel Intervening. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 7(1), 1-17.
Sukirno, S., 2011. Makro Ekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Triani, M. (2015). Analisis Kebijakan Otonomi Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Sumatera Barat Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (c), 9. Universitas Negeri Padang.
Published
2021-07-15
How to Cite
Manulusi, M. R., Sinring, B., & Hasbi, A. (2021). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 533 - 541. Retrieved from http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/851
Section
Articles