Penerapan Target Costing dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba (Studi Kasus Pada UD. Bahma Indah Kab. Pinrang)

  • Musdah Muliyah Magister Akuntansi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Basri Modding Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Suun Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Akuntansi manajemen, laba, biaya produksi, value engineering, target costing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan target costing dapat mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan dapat memperoleh laba yang maksimal. Adapun tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif yang berupa studi kasus. Pengumpulan data menggunakan data Primer dan sekunder dengan wawancara mendalam kepada pemilik UD Bahma Indah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produksi UD Bahma Indah untuk semua jenis kayu berbagai ukuran mengalami penghematan biaya produksi. Hasil penelitian juga menunjukkan untuk jenis kayu Meranti bentuk papan ukuran 5x7x4m dan kayu kumea berbagai bentuk tidak mencapai target cost yang telah dintentukan tetapi mengalami penghematan biaya dari sebelum dilakukannya penerapan target costing. Hasil dari penerapan penerapan target costing pada UD Bahma dapat meningkatkan laba perusahaan mencapai 15,14%, melebihi target laba yang diharapkan perusahaan yaitu sebesar 15% dari penjualan. Hal ini berarti penerapan target costing merupakan upaya alternatif yang baik untuk memaksimalkan laba yang ditargetkan oleh perusahaan dengan cara menekan biaya-biaya produksi yang terjadi selama proses desain produk.

References

Arikunto, Suharsimi. 1986. Prosedur Peelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara
Bakrie, Asry Ady. 2009. “Penerapan Target Costing pada Perusahaan Otomotif”. Jurnal Ichsan Gorontalo, Vol.4 No.2 (Mei-Juli): 2350- 2355.
Hamid, Abdul. 2007. “Teori Belajar Dana Pembelajaran”. Jakarta. Rineka Cipta.
Hamid, Abdul. “Buku Panduan Penulisan Thesis”, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2012.
Indriani, Cynthia, Ahmad Burhanuddin taufiq, dan Amelia Rahmi. 2019. “Analsis Penerapan Target Costing dalam Perencanaan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba Pada UKM Hidup Baru Steel Tahun 2017”. Jurnal. Bogor. Universitas Pakuan.
Krismiaji, Aryani Y. Anni, (2011). Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Kusuma, Indra Lila dan Ayu Noorida Soerono. 2008. “Target Costing : Alternatif Terbaik Penentuan Cost”. Vol 89 (Juni) : 47 – 54.
Londong, Febriana Martina. 2016. Penerapan Target Costing dalam perencanaan biaya produksi pada CV. Sinar Mandiri, Jurnal EMBA, 4(1): 1409-1418.
Sumarsid. 2011. “Pendekatan Metoda Activity Based Costing pada Perencanaan Harga Pokok Produksi untuk Memperoleh keunggulan Bersaing”. Jurnal Manajemen Keuangan dan Akuntansi, Vol.5 No.1 (Maret): 71-90.
Supriyadi. Heri (2013). Penerapan Target Costing dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Kasus Pada Usaha Dagang Eko Kusen). Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sutedi, Adrian. 2009. Metode Penelitian Hukum, Sinar Grafika, Jakarta. Tandiontong,
Published
2020-10-05
Section
Articles