Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. TASPEN (Persero) Makassar

  • A. Saldy Arnansyah Harsan Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Mansyur Ramly Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Mukhlis Sufri Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, (2) pengaruh dari motivasi terhadap kinerja karyawan, (3) pengaruh dari kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 pegawai PT. TASPEN (Persero) Makassar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengaruh kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan , (2) pengaruh motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawa.(3) pengaruh kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini berarti bahwa kepemimpinan seperti memberikan motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dimana motivasi memiliki menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal, sehingga kepuasan kerja harus diciptakan sebaik-baiknya supaya moral kerja, dedikasi, kecintaan dan kedisiplinan pegawai dapat  meningkat, dan kinerja karyawan dapat menyempurnakan sesuai dengan tanggung jawabnya dengan hasil seperti yang di harapkan.  Berdasarkan hal di atas maka karyawan memiliki peran yang strategis di dalam perusahaan, karena pegawai adalah penggerak utama dalam suatu proses kegiatan serta menentukan kelancaran aktivitas di dalam perusahaan.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Adiyasa Waskita Nikolas Ivan, Windayanti. 2019. Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. XYZ. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, Vol 2, No.1.
Akh. Muwafik Saleh, Bekerja dengan Hati Nurani, Jakarta: Penerbit Erlangga
Anton Budi Sanstoso. (2013). Analisis Kepuasan Kerja Pegawai di PT Bank “X” Skripsi. Bandung. Bandung: Universitas Widyatama.
Aurelia Potu. 2013. Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kanwil Sulutenggo Dan Maluku Utara Di Manado. Jurnal EMBA
Budiman, F. A. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Islami dan Etos Kerja Islami terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil di Kecamatan Rembang, Jurnal Ekonomi. Vol 4 (1), 11–28.
Bryan Johannes Tampi. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia. Manado. Journal “Acta Diurna”.
Daswati. 2012. Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi. Jurnal ACADEMICA Fisip Untad.
Departmen Agama RI. Al-Qur‟an dan Terjemahnya, (Bandung : CV. Penerbit J-ART, 2004), 256
Dwi Wahyu Wijayanti. 2012. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Daya Anugerah Semesta Semarang. Vol.12. februari2012
Endang Sukarjati. 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Daerah Kota Semarang. Journal of Management.
Edy Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group
Gibson, Ivancevich and Donelly. 2014. Organization (Terjemahan Djarkasih) Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga
Gilang Nugraha. 2013. Pengaruh Insentif Finansial dan Insentif Non Finansial Terhadap Motivasi dan Semangat Kerja Karyawan. Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Handoko. 2014. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia_BPFE, Yogyakarta.
Hersey, Paul and Blanchard, Kenneth. 2016. Management of Organization Behviur Diterjemahkan oleh Agus Dharmo, Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Hasibuan, Melayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakkan Ketuju Belas. Jakarta. Bumi Aksara.
H Wahyu Fitri, 2012, “Tujuan Pemberian Motivasi” Jurnal Pemberian Motivasi Kerja, Mei 2016 hlm. 45.
H. ASEP QUSTOLANI. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja, Keadilan Prosedular dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi.
Hifnawi, Muhammad Ibrahim Al. 2010. Tafsir Al-Qurthubi. Jilid 5. Jakarta: Pustaka Azzam.
I Putu Gandi Ginantra. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Jasamrga Di Denpasar. Vol. 4, No 2.September 2017
Istiqomah Qodriani Fajrin. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)
Jelita Caroline, Olivia S. dan Victor P.K. 2016. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Amanah Finance di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi
Kemenag RI, Al-qur’an dan Terjemahannya, Bandung: PT. Sygma Esamedia Arkanleema, 2011, h. 155
Liamatul Azizah. 2016. Pengaruh Penempatan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang).
Mangkunegara, A. Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta : PT. Remaja Rosda Karya.
Martoyo, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT. BPEE.
Mukrodi dan Komarudin. 2017. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT. Asuransi Jiwa Mega Life. Vol. 4, No.2, April 2017
Nurdin Ismail. Drs. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : MSC
Oxy Rindiantika Sari. 2018. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Organization Citienship Berhavior sebagai Variabel Intervening. Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Prasetio, A. P., Syahrizal S., & Bachruddin S. L. (2015). “The Effect of the Leadership Towards Employee Performance in the Human Resources Department at the PLN West Java and Banten Distribution Office” International Journal of Basic and Applied Sciences. Vol. 4, No. 1, hlm 149- 155.
Robbins, Stephen P. 2015. Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi, Edisi ketiga. Jakarta.
Satulondok dan Soegoto. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kondisi Kerja dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Sekretariat DPRD Kota Sorong.Jurnal EMBA Vol. 3 No. 3 September 2015, Hal. 849-862. ISSN 2303-11
Susilo Toto Raharjo, Durrotun Nafisah. 2006. Analisis Pengaruh GayaKpemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan. Volume 3, Nomor 2, Juli, Tahun 2006
Sutrisno, E. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia.
Shaju, M., Subhasini D. (2017). “A study on the impact of Job Satisfaction on Job Performance of Employees working in Automobile Industry, Punjab, India” Journal of Management Research. Vol. 9, No. 1.
Syazhashah Putra dan Inggrid Wahyuni. 2015. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis
Tanuwijaya, J. (2017). “Pengaruh Kepuasan Terhadap Kinerja Karyawan PT Berkat Ganda Sentosa” Agora. Vol. 5, No. 1, hlm 1-3.
Veithzal Rivai, Bachtiar, Boy Rafli Amar. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Tiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wahyuni dewi Nurjanah. 2017. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sumber Begawan Plasindo Karangayar. Vol.15.1 Januari 2017
Wibowo. (2015). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Widiastuti, I. (2017). “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Bandung” Jurnal Ilmiah WIDYA. Vol. 4, No. 2, hlm 281-286.
Yuki. 2017. Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil, PT. Gunung Agung. Jakarta.
Yulk, Gary. 2013. Kepemimpinan dalam Organisasi. Terjemahan : Budi Supriyanto. Indeks : Jakarta.
Yohanis Salutondok. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kondisi Kerja dan Disiplin Terhadap Kinerja
Published
2020-10-05
Section
Articles