Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Rokok Class Mild Pada Produk PT. Niaga Nusa Abadi Cabang Makassar

  • Khaidir Alif Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • A.M. Hasbi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Haerdiansyah Syahnur Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pelanggan, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kota Makassar, bertujuan untuk menjelaskan faktor-fakor yang berpengaruh pada loyalitas konsumen dalam memilih suatu produk. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer ditujukan untuk mencari fenomena yang terjadi di lapangan, yang diperoleh melalui wawancara terhadap stakeholder perusahaan PT Niaga Nusa Abadi, Makassar. Sedangkan data sekunder penelitian diperoleh dari teori, penelitian terdahulu, dan artikel terpublikasi baik secara nasional ataupun internasional. Kuesioner penelitian disebar secara fisik dalam jangka waktu satu bulan kepada 52 responden yang berada pada lingkungan Kafe yang berada di Kota Makassar dengan menggunakan metode convenience sampling. Data penelitian selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan dalam membentuk loyalitas pelanggan pada pemilihan produk di PT Niaga Nusa Abadi, Kota Makassar. Pada pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Produk (X1) merupakan variabel yang berpengaruh secara dominan dalam membentuk Loyalitas pelanggan. Sedangkan, variabel Tempat (X3) merupakan variabel yang paling lemah pengaruhnya dalam membentuk Loyalitas pelanggan dalam memilih produk. Sehingga untuk kedepannya, diharapkan kepada stakeholder perusahaan Niaga Nusa Abadi kota Makassar dapat meningkatkan kenyamanan dari lokasi tempat berjualannya agar dapat meningkatkan Loyalitas dari para pelanggannya.

References

Angiopora, M. P. (2015). Dasar-Dasar Pemasaran. Rajagrafindo Persada.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 68-78.

Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2019). Analisis Kualitas Produk , Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya Pada Kepuasan Peserta Bpjs Ketenagakerjaan Kota Makassar. 6(1), 11–21.

Cahyasari, A. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sepeda Motor Honda ( Studi Kasus Pada Sepeda Motor Honda Di Kecamatan Laweyan Surakarta). Universitas Sebelas Maret.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Naim, R. N., Mus, A. R., Plyriadi, A., & Bahari, A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Bukopin Di Makassar. CENTER OF ECONOMIC STUDENT JOURNAL, 2(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta.

Syahnur, M. H., & Basalamah, J. (2019). Analysis Of The Importance Degree And Performance Of Internet Service Providers In Makassar City. X(X), 168–177.

Syahnur, M. H., Soeharijanto, M., & Tazlie, L. (2018). Analisis Customer Experience dengan Importance Performance Analysis ( IPA ) – Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome. 5(2), 1–12.

Syam, S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Di Makassar. Universitas Hasanuddin.

Tjiptono, F., & Chandra., G. (2011). Service, Quality And Satisfaction (3rd Ed.). Andi.
Published
2020-10-05
Section
Articles