Pengaruh Kebijakan Harga, Distribusi, Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Semen Bosowa di Kabupaten Tana Toraja

  • Muhammad Tauhid Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Salim Basalamah Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ilham Labbase Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kebijakan Harga, Distribusi, Relationship Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh kebijakan harga terhadap keputusan pembelian semen pada PT. Cahaya Mulia Indoperkasa di Kabupaten Tana Toraja, (2) Untuk menganalisis pengaruh distribusi terhadap keputusan   pembelian semen pada PT. Cahaya Mulia Indoperkasa di Kabupaten Tana Toraja dan (3) Untuk menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap keputusan pembelian semen pada PT. Cahaya Mulia Indoperkasa di Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel kebijakan harga, saluran distribusi dan relationship marketing secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian semen bosowa di Kabupaten Tana Toraja dan secara terpisah antara masing-masing variabel dapat dinyatakan hasilnya signifikan.

References

Amanah, Dita. 2012. Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Indomaret Karya Jaya Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 12, Januari 2012, p.52-71
Alma Buchari, 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, edisi revisi, cetakan ketigabelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung
Bahari, A. F., Basalamah, J., Murfat, M. Z., Hasan, A., & Basalamah, A. Customer Value, Brand Image And Promotion; Analysis Of Purchasing Decisions (Case Of Silk Fabrication).
Basalamah, J. (2018). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SULAWESI SELATAN. JEMMA| Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 54-61.
Heryanto, Imam. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2014. Principles of Marketing, Second European Edition, Publish, by Prentice Hal, Europe
Kotler, Philip dan Keller Lane Kevin. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Penerbit : Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip dan Keller Lane Kevin. 2016. Marketing Insights From Atoz, 80 Comcepts Every Manager Neerds to Know
Kotler, Philip dan Keller Lane Kevin. 2016 dkk. 2005 Principles of Marketing, Pearson Prentice Hall Financial Hall An Imprint of Pearson Edition Limited Edinburgh Gate Harlow England
Kristian, Denny dan Rita Widayanti (2016) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada mahasiswa kampus I Universitas Kristen Krida Wacana, jurnal Ilmiah manajemen bisnis, vol. 16, no. 1, Januari-Juni 2016.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Penerbit : Alfabeta, Bandung
Masrita. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Batik JAMBI (Suatu Studi Di Show Room Dekranasda Provinsi Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 1 No.3 Juli – September 2013 ISSN: 2338 – 123X
Marcelina, Susan dan Retno Susanti. 2015. Pengaruh Implementasi Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk oli Fastron dengan atribut produk sebagai variabel mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 15 No. 1 Maret 2015: 100-106.
Pertiwi, Marina Intan, Edy Yulianto dan Sunarti. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 37 No. 1 Agustus 2016, administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Rahmat, S. N., & Basalamah, J. (2019). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 121-132.
Ramadhiany dan Hasbi (2015) pengaruh bauran pemasaran roti Cari Rasa terhadap keputusan pembelian konsumen roti cari rasa (studi keputusan pembelian pada konsumen perusahaan keluarga Toko roti Cari Rasa jalan A. Yani No. 149 Bandung). E-proceding of management : Vol. 2, no. 2 Agustus 2015, ISSN:2355-9358.
Santika, Rinta Hikma dan Dewi Eka Murniati. 2016. Pengaruh Faktor Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Bakpia di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga tahun 2016.
Susdiarto, Budi, Adi Eko Priyono, dan Endang Swastuti. 2013. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Pekalongan. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1 No. 2
Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Kedua Puluh Tujuh, Penerbit, Penerbit Alfabeta. Bandung
Susan Marcelina, dan Retno Susanti, (2015) Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oli Fastron Dengan Atribut Produk Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 No. 1 Maret 2015: 100 – 106
Suniati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1.
Syahnur, M. H., Soeharijanto, M., & Tazlie, L. (2018). Analisis Customer Experience Dengan Importance Performance Analysis (IPA)–Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome Regional III Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 1-12.
Tjiptono Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran, Esensi dan Aplikasi, edisi Pertama, penerbit : Andi Yogyakarta
Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra, 2017. Pemasaran Strategik, edisi ketiga, Penerbit : Andi Yogyakarta
Tugiso, Ilham. 2016. Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online shop dan loyalitas konsumen sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Onlineshop “NUMIRA” Semarang) Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.
Wahyuningsih, W., Sukmawati, S., & Basalamah, J. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Dan Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Makassar. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 2(2), 125-132.
Yuliati, Emma. 2014. Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Jurnal STIE Perbanas Surabaya
Yuristika, Mia. 2015. Pengaruh Customer Relationship Manajemen (CRM) dan Kualitas Layanan terhadap Pembelian Ulang melalui Word of Mouth sebagai Variabel Mediasi (Studi pada pelanggan Alfamart) di Kecamatan Banyumanik, kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang.
Published
2020-04-28
Section
Articles