Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kota Makassar

  • Robby Achsyansyah Ishak Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Junaiddin Zakaria Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • M Arifin Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan (RLS), Pengangguran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Kota Makassar, untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kemiskinan di Kota Makassar dan untuk mengetahui pengaruh pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di Kota Makassar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan pengangguran berpengaruh positif terhadap tingkat kemiskinan. Sedangkan untuk variabel tingkat pendidikan berdasarkan Rata-rata Lama Sekolah berpengaruh negatif terhadap tingkat kemiskinan.

References

Adisasmita, Rahardjo. 2011. Pengelolaan, Pendapatan & Anggaran Daerah. : Graha Ilmu. Yogyakarta.
Ashadi, Firman, 2017. Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 4 hal 412 – 418.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, 2016. Indikator Kemiskinan. Jakarta.
Badan Pusat Statistik, 2008. Indikator Kemiskinan. Kota Makassar. Sulawesi Selatan.
Badan Pusat Statistik, 2018. Kependudukan. Kota Makassar. Sulawesi Selatan.
Badan Pusat Statistik, 2019. Tenaga Kerja. Kota Makassar. Sulawesi Selatan.
Badan Pusat Statistik. Diakses pada tahun 2019 sirusa.bps.go.id. Makasssar. Sulawesi Selatan.
Bintang, Aria Bhaswara Mohammad, dan Nenik Woyanti, 2018. Pengaruh PDRB, Pendidikan, Kesehatan, Dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Jawa Tengah (2011-2015). Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 33 No. 1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Universitas Diponegoro: Semarang.
Criswardani, Suryawati, 2005. Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional Perekonomian Indonesia. Erlangga. Jakarta.
Djatnika, Dicky Ustama, 2009. Peranan Pendidikan Dalam Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Vol; 6, No. 1. Januari 2009:1-12.
Dumairy, 1996. Perekonomian Indonesia. Erlangga. Jakarta.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS21 Edisi 7. Universitas Diponegoro. Semarang.
Handayani Jacobus, Elvira; Paulus Kindangen; dan Een N. Walewangko, 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Sulawesi Utara. Jurnal Pembanguan Ekonomi dan Keuangan Daerah. Fakultas Ekonomi dan Binis. Magister Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sam Ratulangi. Manado. Vol.19, No.7.
Harlik, dkk., 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah. Vol.1, No. 2.
Imsar, 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Di Indonesia Periode 1989-2016. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sumatera Utara.
Istiqamah. I., Syaparuddin. S., dan Rahmadi, S., 2018. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan dan Kemiskinan (Studi Provinsi-Provinsi di Indonesia). E-Jurnal Perspektif Ekonomi dan Pembagunan Daerah. Vol.7.(3) pp.111-126.
Jhingan, M.L., 2014. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. PT Rajawali Pers. Jakarta.
Mankiw, N Gregory, 2007. Makroekonomi Edisi Keenam. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Margareni, Ni Putu Ayu Purnama, DKK, 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Provinsi Bali. Jurnal Piramida Vol. XII No. 1 : 101 – 110. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Udayana. Bali.
Marmujiono, Slamet Priyo, 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan dan Strategi Pengentasan Kemiskinan di Kab. Brebes Tahun 2009-201, Economics Development Analysis Journal Vol Iii No.1. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Prasetyantoko, A. Budiantoro, setyo. Bahagijo, sugeng. 2012. Pembangunan inklusif: prospek dan tantangan. LP3ES. Jakarta
Priyatna, Muhammad, 2016. Manajemen Pengembangan SDM Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5.
Puspita, Dita Wahyu, 2015. Analisis Determinan Kemiskinan Provinsi Jawa Tengah. Journal of Economics and Policy VIII No 1. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Rasidin, K., Sitepu dan Bonar M., Sinaga, 2004. Dampak Investasi Sumber Daya Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Kemiskinan Di Indonesia: Pendekatan Model Computable General Equilibrium. Universitas Andalas. Sumatera Utara.
Retnowati, Diah dan Harsuti, 2015. Pengaruh Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Jawa Tengah. Fakultas Ekonomi Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Jawa Tengah.
Semmaila Baharuddin dan Ahri Aril, 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Arus Timur: Makassar.
Siregar, Hermanto dan Dwi Wahtuniarti, 2008. Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin. Jurnal Ekonomi Politik dan Keuangan. Jakarta. Hal: 54-56.
Sugiono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan ke 22. Alfabeta. Bandung.
Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan. Kencana. Jakarta.
Sukirno, Sadono, 2013. Makroekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Rajawali Pers: Jakarta.
Suryawati, 2004. Teori Ekonomi Mikro. UPP. AMP YKPN. Yogyakarta.
Tambunan, Tulus, 2008. Pembangunan Ekonomi dan Utang Luar Negeri Edisi Pertama Cetak Pertama: Jakarta Rajawali Pers.
Tibyan, 2010. Analisis Program Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Sragen. Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Magister Ekonomi Dan Studi Pembangunan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Todaro, Jarnasy, M. P & Smith, S. SC. 2006. Pembangunan Ekonomi Edisi Sembilan Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Todaro, Michael, P. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketujuh, Terjemahan Haris Munandar. Penerbit Erlangga.
Zakaria, Junaidi. 2018. Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan. PT. Umitoha Ukhuwah Grafika. Makassar. Sulawesi Selatan.
Zuhdiyaty, Noor dan David Kaluge, 2017. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan di Indonesia Selama Lima Tahun Terakhir (Studi Kasus Pada 33 Provinsi). JIBEKA Volume 11 Nomor 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya: Malang.
Published
2020-04-28
Section
Articles